Ogah Hadiri Debat di Kompas TV, Anies-Sandi: Kami Ingin Formatnya Talkshow

Penonton malas lihat Anies di debat Mata Najwa
Penonton malas lihat Anies di debat Mata Najwa. (Istimewa)
Beritakepo.com. Setelah tampil mengecewakan dan emosional dalam acara debat di program Mata Najwa, Metro TV enam hari yang lalu, pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, tidak hadir pada acara debat di program Rosi di Kompas TV yang digelar di Djakarta Theater XXI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (2/4/2017). Saat acara dimulai pada sekitar pukul 19.10 WIB hanya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, yang muncul.

Keengganan Anies-Sandi menghadiri acara di televisi memang cukup mengherankan karena di putaran pertama kemarin, tim Anies-Sandi sempat menyindir tim Agus-Silvy yang dua kali tidak datang ke debat yang diselenggarakan oleh televisi. Jadi mengapa kali ini mereka menolak acara debat?

Belakangan ini beredar broadcast yang mengatasnamakan Eep Saefulloh Fatah, salah satu tim pemenangan Anies-Sandi. Eep menginginkan acara tersebut dikemas bukan dalam bentuk debat melainkan talkshow dan jumlah pendukung yang hadir dibatasi. Eep berdalih ingin lebih fokus ke soal pertukaran dan perluasan gagasan.

Berikut isi pernyataan Eep soal penolakan menghadiri acara debat tersebut.

Rosi yang baik,

Mengenai acara Rosi nanti malam, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan.

Kami sangat sungguh-sungguh soal berkeinginan untuk menyejukkan putaran kedua Pilkada Jakarta ini. Mas Anies, Bang Sandi, Mbak Ferry, Mpok Nur, dan semua bagian tim yang bergerak di lapangan, bertemu warga di banyak tempat, menemukan betapa pertentangan sudah sebegitu tajam dan kompetisi sudah begitu memanas.

Dalam situasi seperti ini kami merasa tak punya pilihan selain berikhtiar seoptimal mungkin untuk bersikap dan berlaku konstruktif, apalagi berkaitan dengan tayangan live di televisi yang akan luas ditonton seperti acara Rosi ini. Karena sebab itulah kami meminta agar lebih baik mengambil format acara yang lebih kekeluargaan, memfasilitasi tukar gagasan dan perluasan gagasan sambil meminimalkan kesan pertentangan yang imbasnya ke bawah akan bersifat langsung dan mencemaskan.


Kalo bukan kita, siapa lagi yang harus bersikap konstruktif seperti ini? Bagi kami, ini sangat prinsipil dan merupakan kenyataan di lapangan yang harus terus dihitung dari waktu ke waktu. Karena kebutuhan perhitungan terus-menerus ini pulalah sikap kami soal ini makin menguat belakangan ini. Jadi, tidak ada niat kami untuk membuat repot Kompas TV atau dengan sengaja mengajukan permohonan di waktu yang sangat dekat dengan acara Rosi. Insya Allah tak ada sama sekali niat itu. Perkembangan dari detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam dan hari ke hari lah yang menuntut kami makin menjaga sikap konstruktif kami (dan kita).

Untuk itulah, sekali lagi saya tegaskan apa yang sudah Bidang Media (via Naufal) sampaikan kemarin: Bahwa kami meminta agar formatnya bukan debat antar Cawagub tetapi talkshow yang lebih casual dengan menhadirkan Cawagub sebagai narasumber, dan audiencesnya kita batasi hanya 30-50 undangan khusus saja. Dengan format ini maka kita bisa minimalisasi ekses emosional dari acara Rosi ke penonton di berbagai pelosok Jakarta dan kita jaga sehinggga acara Rosi lebih fokus ke soal pertukaran dan perluasan gagasan.

Hingga saat ini, saya belum mendapatkan konfirmasi kesediaan Kompas TV untuk menyesuaikan format seperti yang kami harapkan. Oleh karena itu, dengan amat sangat menyesal, saya atas nama tim Paslon Nomor Urut 3 ingin mengabari Rosi dan seluruh jajaran Kompas TV yang menyiapkan acara Rosi ini bahwa Bang Sandi tidak bisa berpartisipasi dalam acara Rosi.

Saya sangat yakin Rosi dan Kompas TV sependapat dengan kami mengenai amat sangat diperlukannya sikap konstruktif seperti yang saya urai di atas. Karena itu saya yakin Rosi bisa memahami dan menerima dengan baik segenap ihwal yang saya sampaikan melalui komunikasi kali ini.

Tabik. Salam hormat, Eep
(CC: Kang Oman)
Ogah Hadiri Debat di Kompas TV, Anies-Sandi: Kami Ingin Formatnya Talkshow Ogah Hadiri Debat di Kompas TV, Anies-Sandi: Kami Ingin Formatnya Talkshow Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/02/2017 06:49:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.