Pleidoi 'Finding Nemo', Ahok: Asal Jujur Tak Masalah Melawan Arus

Ekspresi Ahok saat bacakan pleidoi
Ekspresi Ahok saat bacakan pleidoi. (Liputan6.com)
Beritakepo.com. Terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menceritakan pengalamannya saat membacakan pleidoi atau pembelaan, Selasa (25/4/2017) dengan menyinggung sebuah film kartun berjudul Finding Nemo.

Dalam pleidoinya, Ahok menceritakan bahwa dirinya pernah bertemu dengan anak-anak TK di Balai Kota DKI Jakarta, beberapa waktu lalu. Saat itu, anak-anak TK menanyakan mengenai sikap Ahok yang berani melawan pihak lainnya.

Menjawab itu, mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengibaratkan dirinya sebagai ikan nemo. Ia mengajak anak TK untuk menonton film Finding Nemo ketika banyak ikan terjebak jaring nelayan.

Ahok menyebut saat itu Nemo, yang merupakan tokoh dalam film itu, mengajak ikan-ikan yang terjaring berenang ke arah bawah. Namun ajakan Nemo itu awalnya tidak dipedulikan ikan-ikan yang terjebak jaring tersebut.

Ayah Nemo saat itu khawatir anaknya malah ikut terangkat jaring. Namun Nemo memastikan dia ingin ikan-ikan lain mengikutinya berenang ke bawah melawan arus agar terbebas dari jaring.


"Nemo yang tahu, Nemo minta berenang berlawanan arah, kira-kira orang nurut nggak? Nggak nurut awalnya," ucap Ahok ketika membacakan pleidoi dalam sidang di auditorium Kementan, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan.

Akhirnya, ikan-ikan itu menuruti kemauan Nemo untuk berenang ke bawah dan terbebas dari jaring nelayan. Cerita itu pun dijadikan Ahok sebagai inspirasi sekaligus menjawab pertanyaan anak-anak TK tersebut.

"Lalu begitu terlepas, ada nggak ikan yang berterima kasih ke Nemo yang terkapar pingsan? Tidak ada," kata Ahok.

"Jadi inilah yang harus kita lakukan, sekalipun kita melawan arus semua, melawan semua orang berbeda arah, kita harus tetap teguh. Semua tidak jujur, nggak apa-apa, asal kita sendiri jujur. Mungkin setelah itu tidak ada yang terima kasih sama kita, kita tidak peduli karena Tuhan yang menghitung untuk kita, bukan orang," tutur Ahok.

"Banyak orang tanya ke saya, kamu siapa, saya bilang saya hanya seekor ikan kecil Nemo di tengah Jakarta. Ini pelajaran untuk kita, lalu disambut tepuk tangan anak-anak, sambutan anak-anak kecil memberikan saya penghiburan dan kekuatan baru, melawan arus menyatakan kebenaran," Ahok menjelaskan.

Seusai sidang, Ahok menjelaskan pledoinya tersebut. Ia bicara soal kegigihan Nemo meyakinkan ikan-ikan lainnya untuk mengikutinya berenang ke bawah melawan arus agar terbebas dari jaring.

"Saya jelaskan ke anak-anak itu, kadang-kadang memang ada sekelompok orang di negeri ini memang salah arah dengan korupsi merajalela, anggaran dimainkan. Mau nggak mau saya mesti teriak dong, arahnya salah. Kalau arahnya ke sana terus, rakyat nggak ada pembangunan," tutur Ahok.

Ahok lantas menghubungkan kerjanya dengan cerita di film animasi itu. Sebagai gubernur DKI, Ahok menegaskan dirinya sudah berupaya menjalankan program yang pro kesejahteraan masyarakat.

"Kamu lihat saja 2-3 tahun ini pembangunan luar biasa di Jakarta, uang begitu hemat. Semua jaminan, tunjangan dapat, nah itu karena kita ngarahnya bener walaupun orang-orang ini ngamuk. Orang biasa ke utara, saya ke selatan," ujar Ahok.

"Nah saya jelasin itu ke anak-anak, kamu mesti siap. Kalau kamu terkapar yang teriak ketakutan cuma keluarga kamu, belum tentu ikan yang kamu tolong yang bersyukur, berterima kasih sama kamu. Dia boleh merasakan semua jaminan, tetapi kalau arahnya kebencian, dia tidak akan terima kasih sama kamu," sambung Ahok.
Pleidoi 'Finding Nemo', Ahok: Asal Jujur Tak Masalah Melawan Arus Pleidoi 'Finding Nemo', Ahok: Asal Jujur Tak Masalah Melawan Arus Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/24/2017 11:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.