Polri Akan Rekrut Haikal, Hacker Pembobol 4.600 Situs Online

Haikal, pembobol 4.600 situs online
Haikal, pembobol 4.600 situs online. (Istimewa)
Beritakepo.com. Polri berencana akan merekrut SH (19) alias Haikal, hacker lulusan SMP yang berhasil menjebol 4.600 situs online termasuk situs milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga situs milik Polri. Perekrutan itu akan dilakukan setelah proses pidana yang menjerat Haikal selesai.

Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi mengakui Polri memang berencana merekrut Haikal dan hacker-hacker lain untuk membantu sebagai tim siber dan partner Polri.

"Iya, biar jadi lurus dan bermanfaat bagi bangsa," ujar Idam, Jumat (7/4/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Haikal diketahui membobol situs penjualan tiket.com. Bahkan, PT Global Networking merugi hingga Rp 4 miliar. Haikal menjebol situs tiket.com bersama tiga rekannya, MKU (19), AI (19) dan NTM (27).


Namun, menurut Idam, hanya Haikal yang akan direkrut, tiga rekan Haikal tidak ada rencana untuk direkrut. Selain Haikal, Polri juga akan mencari hacker remaja lainnya untuk direkrut. Nantinya, mereka akan menjadi mitra kepolisian untuk urusan dunia siber.

Perekrutan ini, menurut Idam, adalah rencana agar remaja yang memiliki kemampuan seperti Haikal bisa berguna bagi bangsa Indonesia. Haikal belajar meretas situs secara otodidak.

Pengacara Haikal, Ramdan Alamsyah menyambut baik usulan tersebut.

"Itu hal yang positif, bahwa memang Haikal ini kan termasuk anak yang cerdas. Punya kebiasaan yang luar biasa," ujar Ramdan saat dihubungi, Jumat(7/4/2016) malam.

Baca juga: Haikal Bobol Ribuan Situs, Ruby Alamsyah: Skillnya Biasa Saja

Ramdan mengatakan teman-temannya dari luar negeri juga ramai membicarakan Haikal. Dia menyebut teman-temannya itu juga berebut ingin merekrut Haikal setelah dia selesai menjalani masa hukuman.

"Kebetulan, teman saya di Jerman, Singapura telepon. Itu boleh tuh kerja di Singapura. Artinya, banyak yang meminta," ucap Ramdan.

Meski banyak tawaran dari negara luar, Ramdan menilai Haikal lebih baik di Indonesia. Haikal akan sangat membantu petugas kepolisian atau lembaga lainnya dalam bidang teknologi informasi.

"Polri kan kekurangan (sumber daya) manusia di bidang IT. Sepuluh tahun kedepan akan serba IT, baik di tingkat kejahatan, keamanan maupun sistem. Semua bicara tentang e (elektronik)," kata Ramdan.

Ramdan mengingatkan Polri yang menjamin kehidupan pemuda yang hanya lulusan SMP itu. Dia berharap Haikal juga diberi kesempatan memperluas wawasannya.

"Tentunya, ada kewajiban untuk merawat. Bagaimana kalau ini dididik, punya hal bagus. Saya rasa bisa lebih dari itu," kata Ramdan.
Polri Akan Rekrut Haikal, Hacker Pembobol 4.600 Situs Online Polri Akan Rekrut Haikal, Hacker Pembobol 4.600 Situs Online Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/07/2017 07:53:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.