Respons Video Anak SD Berkantong Plastik, Jokowi Kirim Tas dan Seragam

Siswa SD di tapal batas Kalbar meminta tas ke Jokowi
Siswa SD di tapal batas Kalbar meminta tas ke Jokowi. (Instagram @anggitpurwoto)
Beritakepo.com. Belakangan ini video siswa SDN 04 Sungkung di Kabupaten Sungkung, Kalimantan Barat, yang bersekolah menggunakan kantong plastik untuk menyimpan perlengkapan belajar menjadi viral di media sosial. Awalnya, video ini diunggah oleh akun instagram @anggitpurwoto. Dalam tayangan tersebut, sejumlah anak-anak meminta tas kepada Presiden Jokowi.

"Minta tas," begitu penggalan kata anak-anak dalam video tersebut.

Presiden Jokowi pun langsung merespons dengan mengirimkan ratusan paket tas, seragam dan perlengkapan sekolah untuk anak-anak SD yang tinggal di wilayah perbatasan RI-Malaysia tersebut.

Sekolah yang dikirimi bantuan tersebut yakni, SDN 09 di Senoleng, SDN 10 di Medeng, SDN 11 di Senebeh dan SDN 07 di Kaput.

"Jumlah siswanya yakni 151 orang di SDN 09, 168 orang di SDN Medeng,148 orang di SN 11, 35 orang di SDN 07 Kaput," kata Johan Budi saat ditemui di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Setelah mengkonfirmasi kejadian itu, tim yang ditugasi Jokowi langsung bertolak menuju Bengkayang membawa sejumlah perlengkapan sekolah untuk dibagikan ke anak SD di sana.


"Tim sudah berangkat ke sana, kemarin tanggal 6 (April) akan memberikan bantuan paket perlengkapan sekolah. Kalau SDN 04 Sungkung ada sekitar 140 siswa. Semua siswa dapat," kata Johan.

Namun bantuan tersebut baru bisa diserahkan kemungkinan pada tanggal 9 April 2017. Sebab untuk menuju lokasi SDN 04 Sungkung tersebut memerlukan waktu cukup lama.

"Karena medan lokasi yang cukup jauh, terpencil, maka proses pengirimnya baru sampai tanggal 9 (April). Tim sudah di sana sejak tanggal 6 (April)," kata Johan.

"Untuk ke lokasi, perjalananya yakni Jakarta-Pontianak-Entikong-Sungkung. Itu (dari Pontianak-red) perlu lewat jalan darat menggunakan truk 6 jam, kemudian menggunakan sungai 7-8 jam setelah itu perjalanan darat 1 jam sampai ke lokasi," imbuh Johan.

Menurut Johan, kondisi ini seharusnya menjadi perhatian kementerian terkait. Karena itu Jokowi meminta pihak kementerian untuk bertindak cepat merespons kebutuhan siswa sekolah di sana.

"Sebenarnya Presiden juga meminta pembantunya, aparat di bawah, termasuk aparat kementerian sosial dan kementerian pendidikan, termasuk kesehatan. Kalau ini tentu berkaitan dengan Kementerian Pendidikan. Tapi respons yang cepat itu karena memang concern terhadap penduduk di perbatasan. Tentu setelah kejadian ini Presiden akan memberikan arahan juga kepada pembantunya," katanya.

Tak hanya ke kementerian, Johan mengatakan, kejadian ini menjadi peringatan bagi pemerintah daerah. "Ini juga tentu bagian dari mengingatkan kembali ke pemrintah daerah, dan ini sudah berkali-kali disampaikan oleh Presiden," imbuhnya.
Respons Video Anak SD Berkantong Plastik, Jokowi Kirim Tas dan Seragam Respons Video Anak SD Berkantong Plastik, Jokowi Kirim Tas dan Seragam Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/07/2017 03:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.