Sebelum Konpres Tamasya Al-Maidah, Ada Deklarasi Dukung Anies-Sandi

Panitia Tamasya Al-Maidah gelar konferensi pers
Panitia Tamasya Al-Maidah gelar konferensi pers. (Tribunnews.com)
Beritakepo.com. Sejumlah orang terlihat sedang mendeklarasikan dukungan kepada Pasangan Nomor Urut 3 di Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebelum digelar konferensi pers Tamasya Al Maidah, di Masjid Raya Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat siang (14/4/2017).

Seperti diberitakan Tirto.id, sejak Jumat siang, pukul 13.40 WIB, sejumlah orang sudah berkumpul di Masjid Al Ittihad. Mayoritas dari mereka menggunakan pakaian koko putih dan berkumpul di sekitar panggung acara deklarasi.

Sedangkan di panggung itu terpampang spanduk bertuliskan “Jamaah Masjid, Musholla, dan Majelis Ta'lim se-Kecamatan Tebet untuk Anies-Sandi.” Beberapa nama ulama disebut mendukung deklarasi tersebut, yakni Habib Ali Abdurrahman Assegaf, KH Abdul Rosyid Abdullah Syafe'i dan KH Muhammad Nasir Zein.

Di deklarasi itu, Habib Ali menyatakan mengajak masyarakat untuk memilih Anies-Sandiaga di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Dia juga sempat menyatakan, "Wajib orang mukmin memilih seorang imam, seorang gubernur. Hanya tuhan saja yang tidak diwajibkan apapun."

Habib Ali lalu menjelaskan pilihan warga muslim di DKI Jakarta merupakan bagian dari upaya untuk menegakkan agama. Menurut dia, memilih pemimpin non-muslim merupakan perbuatan berdosa. Tapi, dia mengaku tidak memaksa semua muslim mengikuti pendapatnya ini.


"Semoga DKI bisa dimenangkan oleh seorang gubernur muslim," ujar dia.

Pembacaan deklarasi dukungan ke Anies-Sandiaga itu dipimpin oleh KH Abdul Rasyid Abdullah Syafei.

Bunyi kalimat deklarasi itu adalah, "Kami para alim ulama habaib, asatidz (ustad) dan asatidzah jamaah masjid dan majelis taklim se-kecamatan Tebet Jakarta Selatan dengan ini mendeklarasikan mendukung memilih dan memenangkan calon gubernur dan cawagub muslim pada Pemilukada Provinsi DKI Jakarta putaran terakhir tanggal 19 april 2017, yaitu pasangan no 3 Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno."

Teks deklarasi itu juga menyebutkan ada tiga alasan mereka untuk mendukung Anies-Sandiaga.

Pertama, mereka mendukung Anies-Sandiaga berdasarkan perintah Al-Quran, yakni surat Al Imron 28, Annisa 139, Al Maidah 51, dan surat At Taubah 84.

Kedua, mereka mendukung Anies-Sandiaga karena program-programnya yang pro-rakyat.

Ketiga, mereka memilih Anies-Sandiaga karena pribadi keduanya jujur dan punya kapabilitas dalam memimpin DKI Jakarta sekaligus dianggap mampu memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara dalam wadah NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 45.

Sementara itu, ‎Ketua Panitia Pelaksana Tamasya Al Maidah, Ustadz Ansufri ID Sambo menyatakan deklarasi itu tidak berkaitan dengan pihaknya.

Sekalipun acara itu digelar di lokasi yang sama dengan konferensi pers Tamasya Al Maidah, menurut Ansufri, deklarasi dukungan ke Anies-Sandiaga itu tidak memiliki keterkaitan dengan acara Tamasya Al Maidah.

"Kita nggak ada hubungan," ujar ‎Ansufri di Masjid Al-Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan.

Ansufri menerangkan, mereka sebelumnya berencana menggelar acara konferensi pers di Masjid lain. Akan tetapi hanya di Masjid Al-Ittihad, mereka diterima. ‎

"‎Kita nebeng. Tidak ada hubungan dengan apapun. Tadi rencananya kita di masjid lain, tapi tidak dikasih izin, lalu pindah masjid, dan tidak dikasih izin juga, akhirnya kita ke sini,"‎ tegas Ansufri.

Baca juga: Tetap Digelar, Tamasya Al Maidah Targetkan 100 Orang/TPS
Sebelum Konpres Tamasya Al-Maidah, Ada Deklarasi Dukung Anies-Sandi Sebelum Konpres Tamasya Al-Maidah, Ada Deklarasi Dukung Anies-Sandi Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/14/2017 11:23:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.