Soal Nyanyian Sajak Penista, Fadli Zon: Itu Ekspresi Seni

Fadli Zon dan Ahmad Dhani merilis lagu Sajak Sang Penista
Fadli Zon dan Ahmad Dhani merilis lagu Sajak Sang Penista. (Istimewa)
Beritakepo.com. 'Sajak Sang Penista' karya Fadli Zon dinyanyikan Ahmad Dhani dan klip videonya jadi kontroversi. Video itu dipublikasikan Fadli lewat akun Twitternya pada Senin (17/4/2017) kemarin. Video itu diawali dengan boneka Ahok sedang berdiri di depan televisi.

Lalu dilanjutkan adegan Dhani membuka keris dari sarungnya. Adapun lirik dari video itu seperti "Di tengah damai-damai Jakarta kau pamerkan keangkuhan" dan "di tengah damai, kau nista ayat-ayat Tuhan". Sajak itu sendiri ditulis Fadli Zon pada bulan Februari 2017 lalu.


Partai Golkar menyesalkan munculnya video tersebut di masa tenang. Wasekjen Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan semua pihak harus menjaga ketenangan dan kedamaian.

"Saya kira seharusnya semua pihak di hari tenang ini menjaga ketenangan dan kedamaian. Biarkan rakyat Jakarta memilih berdasarkan atas nuraninya masing-masing," ujar Ace lewat pesan singkat, Selasa (18/4/2017).

Sementara, Ketua DPP NasDem, Johnny G Plate kepada wartawan, Selasa (18/4/2017), meminta Bawaslu DKI untuk memeriksa video itu. Peluncuran video itu di masa tenang dianggap kurang tepat.


"Video itu tugas Bawaslu mengecek, kan masa tenang. Sudah lewat waktunya, semua usaha untuk menjelekkan atau mengampanyekan paket lain itu melanggar aturan pilkada itu sendiri," tegasnya.

Fadli Zon sendiri menilai nyanyian yang menjadi kontroversi itu tak melanggar aturan masa tenang Pilgub DKI karena tak memuat kampanye.

"Ya sajak saya itu kan 'Sajak Sang Penista' itu dibuat bulan Februari, tapi baru dibuat lagunya sama Mas Ahmad Dhani beberapa waktu lalu sebagai kolaborasi. Setelah ngobrol-ngobrol, kemudian Mas Dhani membuat sajak jadi lagu, kemudian di-launching kemarin pukul 17.00 WIB. Ya lumayan responsnya sih bagus, belum 24 jam sudah lebih dari 40 ribu yang nonton," kata Fadli, yang juga Wakil Ketua DPR, kepada wartawan, Senin (18/4/2017).

Fadli lantas bicara sedikit soal isi sajak yang kini menjadi lagu itu. "Ini justru bagian dari edukasi ya supaya masyarakat tahu bahwa ketegangan ini sebenarnya oleh satu orang, makanya judulnya ya itu, sang penista," ucap Fadli.

Soal tudingan Golkar bahwa Fadli dan Ahmad Dhani tak tahu aturan masa tenang Pilgub DKI, Wakil Ketua Umum Gerindra itu menampiknya. Menurut dia, sajak dan lagu itu bagian dari karya seni dan sama sekali tak ada hubungannya dengan kampanye.

"Kan kita tidak bicara tentang mengkampanyekan siapa. Kita hanya menjelaskan duduk soal dari masalah aktual yang sedang terjadi. Jadi ekspresi seni itu bebas-bebas saja," ujar Fadli. "Yang harus dikritik oleh Golkar itu pembagian-pembagian sembako yang brutal jadi bukan masif tapi masif, sistematis, terstruktur, dan brutal. Kalau ekspresi seni budaya, apalagi tidak menyebut calon dan tidak mengajak kampanye, saya kira tidak ada masalah," tuturnya.
Soal Nyanyian Sajak Penista, Fadli Zon: Itu Ekspresi Seni Soal Nyanyian Sajak Penista, Fadli Zon: Itu Ekspresi Seni Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/18/2017 05:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.