Tuding Tim Ahok Bagikan Sembako, ACTA Lapor ke Panwaslu

Barang bukti yang dilaporkan ACTA soal pembagian sembako
Barang bukti yang dilaporkan ACTA soal pembagian sembako. (Istimewa)
Beritakepo.com. Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Chris Ibnu, melaporkan tim pasangan calon nomor 2 di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat atas dugaan politik uang ke Bawaslu DKI, Minggu (13/4). Di saat bersamaan, tim Anies-Sandi juga mendatangi Bawaslu untuk melaporkan temuan serupa.

"Hari ini akan melapor kegiatan kami tentang OTT, Operasi Tangkal Temuan, politik uang oleh tim TRC di Kampung Melayu dan Kalibata City. Karena sesuai UUD Pilkada kami harus bergerak cepat, tidak boleh membiarkan temuan yang berupa pelanggaran pilkada itu berlarut-larut, sehingga Bawaslu dapat cepat melakukan penyidikan dan penyelidikan. Sehingga perbuatan yang dilakukan oleh orang-orang tersebut dapat ditindaklanjuti dan segera dilakukan proses pengadilan kalau terbukti sesuai SOP di Bawaslu," ujar Chris Ibnu di kantor Bawaslu DKI, Sunter, Jakarta, Minggu (16/4), seperti diberitakan Kumparan.com.

Sementara itu, menurut Tim Advokat Anies-Sandi, Amir Hamzah, penemuan sembako murah tersebut tersebar di 10 wilayah di Jakarta khususnya yang menjadi basis kemenangan Anies-Sandi. Tempat-tempat tersebut adalah Kompleks DPR RI di Kalibata, Cilincing, Kali baru, Kampung Melayu, Lubang Buaya, Klender, Rawamangun, Cengkareng dan Kebayoran Lama.


"Tadi pagi kami menerima laporan diindikasikan di Kompleks DPR RI di Kalibata menjadi tempat penimbunan sembako. Jadi basis laporan kami atas nama advokasi itu dari pusat pengaduan masyrakat yang kita rekap satu minggu terakhir," ujar Amir Hamzah.

Amir juga membawa barang bukti berupa video dan foto kejadian di komplek DPR RI yang diduga menjadi tempat penimbunan sembako. Selain itu, ia juga membawa barang bukti berupa voucher sembako senilai Rp 5.000 serta contoh sembako yang dibagikan.

Baca juga: Anies Sindir Istrinya dan Perindo Soal Pembagian Sembako di Pilgub DKI

Peristiwa pembagian sembako di Kalibata City terjadi pada pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB oleh sekelompok orang yang mengenakan kemeja kotak-kotak. Menindaklanjuti dari kejadian tadi, Panwaslu Jaksel sudah turun ke lapangan dan membubarkan kegiatan pembagian sembako.

"Pengawas TPS di Kalibata City mengetahui kejadian itu kemudian menginformasikan kepada kami. Panwas langsung turun ke lapangan, kemudian membubarkan itu karena pertama memang tidak ada pemberitahuan, kemudian yang kedua juga ini sudah memasuki masa tenang, dan yang ketiga juga ini orang-orangnya juga tidak ada informasi sama sekali," ujar ketua Panwaslu Jaksel, Ahmad Ari Masyhuri kepada wartawan, Minggu (16/4).

Sebelumnya, netizen kembali dihebohkan oleh unggahan foto penumpukan sembako yang akan dibagi-bagikan ke warga. Di linimasa facebook, foto tersebut diunggah oleh akun FB bernama Naila Alba Ali.

Kamis 13 April 2017, Naila mengunggah gambar tumpukan sembako, beberapa foto pendukung Ahok lainnya serta tampak aparat kepolisian juga ikut berjaga.

Menurut Naila, sembako tersebut adalah pemberian dari pasangan calon Gubernur DKI Jakarta nomor dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat yang akan dibagikan usai salat Jumat 14 April 2017 di Masjid Az Zainiyah Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tuding Tim Ahok Bagikan Sembako, ACTA Lapor ke Panwaslu Tuding Tim Ahok Bagikan Sembako, ACTA Lapor ke Panwaslu Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/16/2017 02:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.