Wajah Terlihat Jelas, Foto Patung Pancoran Viral di Medsos

Foto Wajah Patung Pancoran
Foto Wajah Patung Pancoran. (Istimewa)
Beritakepo.com. Media sosial dihebohkan oleh foto Patung Pancoran yang diabadikan oleh seseorang dari ketinggian. Tak hanya itu, wajah patungnya pun terlihat dengan jelas. Sejumlah netizen berujar itu pertama kalinya mereka melihat bentuk wajah Patung Pancoran. Selama ini mereka hanya tahu Patung Pancoran menghadap ke utara dengan tangan kanan menunjuk lurus ke depan.

Foto yang diabadikan dengan drone tersebut diambil oleh seorang ahli drone bernama Rudy Sunandar. Rudy mengambil foto Patung Pancoran lengkap dengan wajahnya pada Sabtu (8/4/2017) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

"Itu saya ambil Sabtu (8/4) sore. Pertama saya upload di Facebook sama Instagram," kata Rudy, Minggu (9/4) malam, dilansir Detikcom.

Pria asal Jakarta itu mengaku awalnya iseng saat tengah bermain drone di atas gedung yang lokasinya tak jauh dengan Patung Pancoran itu.

"Saya kan memang main drone, drone fotografi juga. Sabtu itu ada acara di Wisma Aldiron, acara drone racing. Saya nggak ikutan, hanya menghadiri saja," kata Rudy.

"Sorenya saya nge-drone, lihat sekitar. Melihat pemandangan Jakarta dari atas. Pas lagi terbang, coba saya arahkan ke sana, 'wah ada patung nih, belum pernah lihat juga mukanya kayak apa'," tuturnya.


Namun foto Rudy juga diunggah ulang oleh beberapa netizen di Twitter dan mendapat ratusan hingga ribuan retweet. Di antaranya oleh akun @Gmontadaro yang memperoleh 1.900 retweet dan akun @imanlagi yang memperoleh 1.300 retweet.

Salah satu pengajar di Darwis Triadi School of Photography itu mengaku menerima banyak ucapan terima kasih dari netizen karena telah 'memperlihatkan' wajah Patung Pancoran.

"Banyak juga yang bilang makasih, katanya 'Makasih akhirnya baru lihat'," ucap Rudy.

Ke depan, Rudy berharap bisa mengabadikan lebih banyak patung yang ada di Jakarta. Patung Tani dan Patung Selamat Datang, misalnya.

Patung Pancoran dibangun di akhir masa pemerintahan Sukarno pada 1964-1965. Patung tersebut dibuat oleh pemahat pilihan Sukarno, Edhi Sunarso.

Saat mengagas pembuatan patung, Sukarno terinspirasi dengan kosmonot asal Rusia Yuri Gagarin. Sementara wajahnya mengambil sosok Gatot Kaca.

Sukarno meminta patung dibuat dari perunggu dan dibangun di depan markas TNI AU. Patung ini diletakkan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan yang menjadikannya lebih dikenal dengan nama patung pancoran.
Wajah Terlihat Jelas, Foto Patung Pancoran Viral di Medsos Wajah Terlihat Jelas, Foto Patung Pancoran Viral di Medsos Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/09/2017 10:25:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.