Alasan Ahok Mundur dari Gubernur DKI: Tak Mau Bebani Jokowi

Ahok tak mau membebani Jokowi
Ahok tak mau membebani Jokowi. (Istimewa)
Beritakepo.com. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajukan pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo. Tim pengacara mengatakan alasan pengunduran diri Ahok agar tidak membebani Jokowi.

"Iya betul sudah mengajukan surat pengunduran diri. Beliau mengajukan agar tidak membebani Presiden," ujar anggota pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, Rabu (24/5/2017), dilansir Detikcom.

Alasan lain, kata dia, pengunduran diri disampaikan untuk mengakhiri dugaan yang muncul bahwa Ahok masih ingin menduduki posisi sebagai gubernur.

"Jangan sampai ada orang yang memperkirakan dia, menduga-duga bahwa Pak Basuki itu ingin kembali menjadi gubernur. Dia tidak ada keinginan untuk jadi gubernur kembali. Untuk meluruskan ini, maka dia mengundurkan diri," lanjutnya.

Wayan juga mendapat penjelasan dari pihak keluarga alasan pengunduran diri Ahok adalah untuk menciptakan kedamaian di Indonesia. Ahok berharap keputusannya untuk mundur sebagai Gubernur DKI dapat mengakhiri ketegangan yang terjadi.

"Jika memang diperlukan dukungan dan kontribusi dari Pak Ahok untuk suasana damai, maka dia mundur. Itu saya dapat informasi dari keluarganya," ujarnya.


Pengunduran diri Ahok dijelaskan Mendagri Tjahjo Kumolo diajukan pada Selasa (23/5) kemarin. Pengajuan itu satu hari setelah Ahok mencabut banding.

"Ahok mengajukan pengunduran diri kepada Presiden RI sebagai Gubernur DKI. Satu hari setelah pencabutan bandingnya. Dengan demikian, Ahok perlu segera diberhentikan," ujar Tjahjo.

Posisi gubernur definitif akan digantikan oleh Djarot Saiful Hidayat yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur. Sementara posisi wakil gubernur kosong karena sisa waktu jabatan kurang 18 bulan. Dengan demikian, Djarot akan menjadi gubernur ketiga di Jakarta dalam kurun waktu 5 tahun.

Berikut surat pengunduran diri Ahok.
Surat pengunduran diri Ahok dari gubernur
Surat pengunduran diri Ahok dari gubernur
Alasan Ahok Mundur dari Gubernur DKI: Tak Mau Bebani Jokowi Alasan Ahok Mundur dari Gubernur DKI: Tak Mau Bebani Jokowi Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/24/2017 07:39:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.