Dilaporkan Netizen, FB Tutup Akun 'Database Buronan Umat Islam'

Penampakan Akun Database Buronan Umat Islam
Penampakan Akun Database Buronan Umat Islam
Beritakepo.com. Setelah kasus Ahok, ajakan aksi persekusi di dunia maya kini gencar dilakukan karena dianggap menyinggung kelompok tertentu. Salah satu akun media sosial yang ditenggarai melakukan hal ini adalah akun Fan Page Facebook bernama "Database Buronan Umat Islam". Setelah sejumlah pengguna FB melaporkan, akun tersebut kini disuspend (ditangguhkan).

Tidak diketahui sejak kapan akun tersebut ditangguhkan. Saat dibuka pada pukul 22.00 WIB, Minggu (28/5/2017), akun tersebut sudah tidak ditemukan.

"The page you requested not found," demikian tulisan yang tertera pada laman Facebook.

Jika dilihat dari Google Cache, akun tersebut mengunggah postingan pada 22 Mei 2017 yang lalu. Ia menyebarkan identitas seorang netizen yang ditudingnya menghina Nabi.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya telah mengetahui informasi pemblokiran akun Facebook tersebut. Tutupnya akun itu berkat laporan dari warganet (netizen).

"Iya berkat laporan dari teman-teman semua, Facebook 'Database Buronan Umat Islam' sudah terblokir (oleh Facebook)," ujar Fadil, dilansir Detikcom.

Akun tersebut memuat sejumlah foto tokoh-tokoh terkenal maupun masyarakat yang kritis terkait perbedaan SARA. Akun tersebut juga memposting sejumlah ujaran kebencian bernuansa SARA dengan menyertakan foto-foto pengguna Facebook.

Baca juga: Sebar Chat Palsu Kapolri, Pemilik Akun IG @muslim_cyber1 Ditangkap

Beberapa tokoh terkenal, seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga disebut sebagai 'buronan umat Islam' dalam akun tersebut. Hal ini tentunya sangat mengganggu, sekaligus meresahkan karena dinilai dapat menimbulkan perpecahan.

Sejumlah netizen kemudian melaporkan akun tersebut ke pihak Facebook. Facebook memang memiliki sistem pengaman yang mengajak pengguna untuk ikut mengawasi postingan yang bernilai provokatif hingga yang berkonten kekerasan, dengan melaporkannya ke Facebook.

Meski telah diblokir, lanjut Fadil, pihaknya tetap akan menelusuri administrator akun tersebut. "Tetap kita telusuri dan sudah kita pegang datanya," tandas Fadil.
Dilaporkan Netizen, FB Tutup Akun 'Database Buronan Umat Islam' Dilaporkan Netizen, FB Tutup Akun 'Database Buronan Umat Islam' Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/28/2017 09:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.