Diusir Warga Manado Karena Intoleran, Ini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah ditolak massa di Manado
Fahri Hamzah ditolak massa di Manado. (Istimewa)
Beritakepo.com. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah tak berkomentar banyak soal aksi pengusiran atau penolakan terhadap dirinya di Sulawesi Selatan. Fahri Hamzah dianggap sebagai sosok yang sering mengumbar pernyataan yang memicu tindakan intoleran. Ia hanya menekankan bahwa sebuah dialog penting untuk dibangun.

"Bangsa kita terlalu besar, kompleks dan tidak bisa disederhakanakan. Maka sebaiknya kita tempuh jalur dialog," kata Fahri singkat saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (13/5/2017), seperti diberitakan Kompas.com.

Hal yang sama juga dinyatakan Fahri lewat akun Twitter miliknya, @fahrihamzah.

"Kebesaran yang oleh sebagian kita sulit dicerna..karena itu kita memerlukan waktu untuk belajar dan saling baca..#LoveSulawesiUtara," kicau Fahri.

Sejumlah elemen masyarakat mendatangi Bandara Sam Ratulangi Manado, Sabtu. Mereka menolak kedatangan Fahri Hamzah yang dijadwalkan tiba sekitar pukul 10.20 Wita.

Penolakan kedatangan Wakil Ketua DPR RI tersebut mulai diserukan sejak Jumat (12/5/2017) kemarin melalui media sosial.

Elemen masyarakat yang menggelar aksi tersebut membawa spanduk dan pamflet yang berisikan berbagai seruan, di antaranya bertuliskan "Usir si mulut busuk Fahri".

Gelar aksi tersebut dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Ribuan massa yang menggelar aksi menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado juga meneriaki Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Olly yang semula berada di dalam Ruang VIP Bandara Sam Ratulangi Manado keluar menemui massa.


Saat menyampaikan seruan agar massa tidak bertindak berlebihan, Olly malah disambut dengan teriakan. "Usir Fahri Hamzah, usir, usir..." teriak massa sambil mengacungkan tangan ke atas.

"Kami tidak mau didatangi kelompok atau orang yang pernyataannya bisa memecah persatuan bangsa ini. Kami cinta damai, kami peduli dan kami juga anak bangsa. Ini bukan sekedar masalah suku dan golongan tapi sebagai bagian dari bangsa Indonesia," ujar Olden Kansil, salah satu orator aksi.

Olly menyatakan bahwa masyarakat Sulut semestinya adalah masyarakat yang cinta damai. "Oleh karena itu, mari kita semua mempertahankan hal itu. Saya gubernur pilihan anda semua, tidak mungkin menggadaikan Sulut," tegas Olly.

Fahri Hamzah akhirnya membatalkan sejumlah kegiatannya di Manado, Sabtu (13/5/2017). Sejak pagi ribuan orang menggelar aksi menolak kedatangannya di Manado.

Seharusnya Fahri menghadiri diskusi publik yang akan digelar di salah satu restoran. Namun Fahri hanya berkunjung ke Kantor Gubernur dan setelah itu langsung terbang pulang.

"Fahri menggunakan pesawat Garuda sekitar pukul 17.00,Wita," sebut Staff Bagian Humas Angkasa Pura Bandara Sam Ratulangi, Harold Lontoh.
Diusir Warga Manado Karena Intoleran, Ini Kata Fahri Hamzah Diusir Warga Manado Karena Intoleran, Ini Kata Fahri Hamzah Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/13/2017 07:14:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.