Hasil Kajian LIPI: Anies Menang Pilgub DKI Karena Politisasi Agama

Anies Baswedan gelar syukuran kemenangan Pilgub DKI bersama FPI
Anies Baswedan gelar syukuran kemenangan Pilgub DKI bersama FPI. (Istimewa)
Beritakepo.com. Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merilis hasil kajian terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang baru saja usai. Salah satu yang dikaji adalah penyebab Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kalah telak dari Anies Baswedan.

Peneliti senior LIPI Sri Yanuarti mengatakan, di Pilgub kemarin Ahok terpancing oleh isu politik agama sehingga melupakan kinerja. Hal inilah yang menyebabkan kekalahan Ahok.

Sebaliknya, Anies Baswedan dan tim pemenangan sukses memperkenalkan program pembelian rumah dengan uang muka (DP) nol rupiah, OK OCE hingga OK OTrip.

"Bagaimana kapitalisasi agama digunakan, di mana sebenarnya Ahok terpancing dengan penggunaan isu agama kemarin sehingga dia meninggalkan soal kinerja dan pemenuhan kepentingan masyarakat kecil. Kemudian dia itu diambil alih oleh Anies dengan DP 0%, OK OCE, OK OTrip dsb," kata Sri, di kantornya, jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2017).

Program-program Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno berhasil menarik perhatian masyarakat. Tak terkecuali warga yang awalnya mendukung Ahok-Djarot. "Kelompok marjinal yang tadinya jadi basis PDIP, karena Ahok terpancing isu agama dan fokus pada soal itu, maka itu menjadi basis yang tidak sepenuhnya dirawat dan mungkin menjadi salah satu faktor," tambah Sri.

Dia menyebut ada tiga persoalan penting yang harus dilihat di Pilkada Jakarta kemarin. "Ini menjadi PR yang penting karena menurut saya kait mengait antara proses kapitalisasi isu agama, politisasi politik identitas dengan ketidaktegasan keamanan dengan memberikan asesment tentang penggunaan mobilisasi masa pada Pilkada. Ini tidak pernah terjadi pada Pilkada atau Pemilu sebelumnya," kata Sri.

Peneliti senior LIPI lainnya, Irine Gayatri mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki UU nomor 40 tahun 2008 tentang anti diskriminasi dan isu etnis. Sayang UU ini belum diadopsi ke UU Pilkada.


"Apakah Indonesia ada yang mengatur soal ini, sebenarnya ada diatur UU 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi dan ras. Kalau saya menelaah itu pada pemilu belum diadopsi ke UU Pilkada, sepertinya KPU dan Bawaslu itu belum merujuk ini. Mereka kan harusnya melakukan sanksi kepada bentuk-bentuk pelanggaran," ujar Irine di tempat yang sama.
Hasil Kajian LIPI: Anies Menang Pilgub DKI Karena Politisasi Agama Hasil Kajian LIPI: Anies Menang Pilgub DKI Karena Politisasi Agama Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/03/2017 05:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.