Ikhlas Dibui 2 Tahun Jadi Alasan Ahok Batal Ajukan Banding

Ahok batal ajukan banding
Ahok batal ajukan banding. (Istimewa)
Beritakepo.com. Terdakwa kasus penodaan agama, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, memutuskan untuk menjalani vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan PN Jakut setelah batal mengajukan banding atas vonis dua tahun penjara terhadap dirinya. Permohonan banding ini batal diajukan atas permintaan keluarga Ahok.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Syukur, mengatakan bahwa permintaan agar banding tak diajukan itu datang dari istri Ahok, Veronica Tan. Menurut dia, Veronica menyampaikan permintaan itu dalam pertemuan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (22/5/2017).

"Itu atas permintaan keluarga. Tadi pihak keluarga sudah berkonsultasi di pengadilan dan akhirnya diputuskan seperti itu," kata Josefina, Senin sore, dilansir Detikcom.

Josefina belum bersedia membeberkan alasan batalnya pihak Ahok mengajukan banding tersebut.

Sebab, kata dia, Veronica langsung yang akan menyampaikan alasan tersebut dalam jumpa pers yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (23/5/2017).

"Akan kami jelaskan besok siang. Bu Vero langsung yang menjelaskan," ucap Josefina.


Lalu apa sebenarnya alasan Ahok batal mengajukan banding? Pengacara Ahok lainnya, I Wayan Sudirta, belum dapat mengungkapkan alasan pencabutan permohonan banding. Sudirta menegaskan keputusan mencabut banding sudah dibahas keluarga bersama pengacara.

"Intinya ada dua kejadian. Satu sudah menyerahkan memori banding sudah masuk di berkas, kemudian setelah itu keluarga memutuskan setelah berdiskusi dengan kami, keluarga memutuskan mencabut. kita harga keputusan itu, kita dampingi," ujar Sudirta, dilansir Detikcom.

Rudi Valinka, seorang netizen yang dikenal dekat dengan Ahok dan pernah menulis buku soal Ahok "A Man Called Ahok" menyebut Ahok ikhlas dipenjara dua tahun yang membuatnya otomatis absen dalam dunia perpolitikan Indonesia selama dua tahun.

"Hari ini ahok mengambil keputusan krusial atas nasibnya dia tdk ajukan banding? Apa alasannya : Tuhan ! Dia menganggap ini cobaan dari Nya," kicau Rudi lewat akun Twitter miliknya, @kurawa.

Keputusan ini disebut @kurawa diambil Ahok setelah Ahok mendekatkan diri dengan Tuhan selama ditahan di Mako Brimob.

"Keputusan tidak banding adalah hasil pembicaraan pribadi ahok dengan sang Pencipta.. dia meyakini kalo ini adalah langkah terbaik dari Tuhan," cuit @kurawa.

Walaupun demikian, Ahok masih berpeluang bebas atau memperoleh keringanan hukuman karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mengajukan banding.

"Jangan bersedih walau ahok mencabut banding nya kita masih berharap jaksa telah mengajukan banding 3 hari yang lalu.. semoga ada jalan baik," kicau @kurawa.
Ikhlas Dibui 2 Tahun Jadi Alasan Ahok Batal Ajukan Banding Ikhlas Dibui 2 Tahun Jadi Alasan Ahok Batal Ajukan Banding Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/22/2017 05:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.