Soal Kampung Akuarium, Anies Minta Ahok Menata Bukan Menertibkan

Anies Baswedan dengan hobinya memelihara burung
Anies Baswedan dengan hobinya memelihara burung
Beritakepo.com. Jakarta - Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengkaji kembali penertiban di Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Ia mengaku berkomitmen untuk tetap melakukan penataan permukiman warga di kawasan itu.

"Komitmen kita tetap, komitmen kita tegas, dan saya rasa warga Jakarta kemarin sudah menentukan pilihan, pilihannya adalah penataan. Itu adalah pilihan warga Jakarta," kata Anies di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2017).

Anies mengatakan kepemimpinannya nanti ingin melindungi warga Jakarta. "Jangan digusur-gusur, tapi diberi solusi supaya mereka bisa berpenghidupan dengan baik," ujarnya.

Warga akan diajak bermusyawarah untuk menghasilkan solusi yang bukan sepihak. Berbagai pihak yang terkait akan duduk bersama guna mencari langkah ke depan dari masalah pemukiman warga di Kampung Akuarium.

"Jadi jangan sepihak, seakan-akan saya paling tahu, nggak, yang paling tahu adalah musyawarah. Dan ini yang kita laksanakan besok," imbuhnya.


Terkait rencana penertiban yang akan dilakukan Pemprov dalam waktu dekat, Anies mengatakan, pihaknya telah meminta moratorium penggusuran sejak zaman kampanye. Seruan untuk moratorium tersebut tetap dan tidak akan berubah hingga dirinya memimpin DKI nanti.

"Mulai Oktober, sejak itu sudah bilang moratorium penggusuran. Jadi bukan sekarang ya, saya mengatakan moratorium itu sudah sejak bulan Oktober, dan seruan itu tidak berubah. Apalagi sudah ada keputusan oleh rakyat, rakyat sudah memutuskan, hormati keputusan itu," pungkasnya.

Sementara, Sandiaga mengaku belum dapat memberikan solusi karena belum menjabat.

"(Penertiban) harus dikaji kembali. Tapi 6 bulan ke depan masih Pak Basuki dan Pak Djarot," kata Sandiaga di Jalan Melawai, Jakarta Selatan, Rabu.

Sandiaga mengaku telah menghubungi kubu Ahok-Djarot untuk menawarkan bantuan dalam menyelesaikan pemerintahan mereka. Ia berharap semua kebijakan Ahok dapat diselesaikan pada Oktober.

"Kita tunggu apa yang dibutuhkan, saya sudah menawarkan sih ke PakBasuki-Djarot apa yang menjadi hal yang bisa kita bantu. Untuk memastikan 6 bulan ke depan. Mereka sukses mengelola Jakarta dan dipastikan selesai Oktober-nya di Oktober banyak yang diselesaikan," katanya.
Soal Kampung Akuarium, Anies Minta Ahok Menata Bukan Menertibkan Soal Kampung Akuarium, Anies Minta Ahok Menata Bukan Menertibkan Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/03/2017 08:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.