Anies: Kalau Reklamasi Dilanjutkan, Jakarta Semakin Banjir

Anies Baswedan menolak keras reklamasi
Anies Baswedan menolak keras reklamasi. (Istimewa)
Beritakepo.com. Saat mengunjungi warga Bukit Duri, Jakarta Selatan, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan komitmennya menolak reklamasi karena menurutnya akan menyebabkan semakin banyak titik banjir di Jakarta akibat kiriman air dari hulu.

Padahal menurut Ahok atau Basuki Thajaja Purnama, reklamasi akan mencegah banjir akibat rob dari air laut di pesisir pantai akibat menurunnya permukaan tanah. Sementara, banjir yang terjadi akibat dari hulu, dapat diminimalisasi dengan normalisasi sungai atau kali.

"Kebanyakan banjir di wilayah sini bukan karena warga tidak menata. Tapi kiriman air dari Bogor, dari gunung, makanya bisa dirasakan airnya dingin," kata Anies kepada warga di sela-sela salat tarawih di Masjid Istiqamah, Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2017).

Anies berjanji akan tetap membereskan masalah banjir di Jakarta. Dia juga menambahkan reklamasi tidak dapat menjadi solusi mengatasi banjir.

"Insyaallah kita akan tuntaskan dalam mengatasi banjir. Tapi bukan di sini menjelaskannya. Yang pasti, hulunya dibereskan, hilirnya dirapikan," papar Anies.

"Kita juga pastikan jangan diteruskan itu reklamasi. Resep mujarab kalau reklamasi dijalankan bakal merata di banjir di Jakarta," tambahnya.

Anies menjelaskan proyek reklamasi di Jakarta bukan seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Dia beralasan, bila reklamasi diteruskan, air hujan akan terhambat mengalir ke laut.

"Reklamasi ini dibuatkan pulau di depan Jakarta. Kalau mau Jakarta banjir, ya diteruskan saja. Tapi kita pastikan, kalau reklamasi dilanjutkan, air tidak mengalir dengan baik," jelasnya.
Anies: Kalau Reklamasi Dilanjutkan, Jakarta Semakin Banjir Anies: Kalau Reklamasi Dilanjutkan, Jakarta Semakin Banjir Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/20/2017 11:03:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.