Dilaporkan ke MKD, Fahri Hamzah Sebut ICW Dapat Proyek dari KPK

Fahri Hamzah menuding ICW dapat proyek dari KPK
Fahri Hamzah menuding ICW dapat proyek dari KPK. (Kumparan.com)
Beritakepo.com. Koalisi tolak hak angket KPK melaporkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Menanggapi hal tersebut, Fahri mempersilakan pelaporan ke MKD.

"Silakan saja, tapi bosan juga ditanggapi. Makanya KPK itu punya cheerleaders yang dibiayai oleh KPK dulu," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (13/6/2017), dilansir Warta Kota.

Fahri mengaku pernah memimpin rapat yang membatalkan anggaran pembiayaan sejumlah LSM. Menurut Fahri, LSM tersebut harusnya mengkritik KPK. Sebab, hanya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebesar Rp10 juta dengan mengirim banyak petugas ke Bengkulu.

"Harusnya ini yang dikritisi. Jangan asyik lihat orang ditangkap. Jadi seperti senang melihat orang yang menderita," ujarnya.

Fahri melihat komunitas-komunitas tersebut bertugas menyerang orang yang berhadapan dengan KPK.

Fahri mengaku memiliki dokumentasi mengenai hal itu. Ia pun melihat KPK seperti sebuah partai politik yang memiliki organisasi sayap.

"ICW ngaku dapat proyek dari KPK. Ngaku saja, jadi jangan jadi underbow dan bertindak tidak profesional," tutur Fahri.

Pada bulan lalu, Fahri juga menuding adanya kongkalikong antara LSM dan KPK.

"Cuma kalau saya dianggap menghalang-halangi, itu yang merasa terhalangi siapa? Kenapa saya kritik KPK, eh LSM (laporkan saya), saya curiga LSM ini kongkalikong (dengan KPK) gitu," kata Fahri di DPR, Rabu (3/5/2017).

Sebelumnya, Koalisi Tolak Hak Angket untuk KPK (Kotak) mendatangi MKD DPR. Kedatangan mereka untuk melaporkan pimpinan DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon, serta 23 anggota Panitia Khusus Angket KPK yang diduga melanggar kode etik.

Para pelapor menggunakan masker saat memberikan keterangan kepada awak media. Mereka memberikan alasan penggunaan maskert tersebut. Aktivis ICW Tibiko Zabar mengatakan, masker merupakan simbol pihaknya mencium bau tidak sedap terkait pembentukan Pansus Angket KPK.

"Makanya kami gunakan simbol masker," jelas Tibiko usai melapor di ruang MKD DPR, Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/6/2017).


Tibiko menjelaskan, Fahri Hamzah dilaporkan karena tindakannya saat rapat paripurna pada 28 April 2017, yang tidak demokratis saat memimpin pembahasan usulan hak angket. Menurutnya, hal itu merupakan tindakan melanggar Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kode Etik DPR RI.
Dilaporkan ke MKD, Fahri Hamzah Sebut ICW Dapat Proyek dari KPK Dilaporkan ke MKD, Fahri Hamzah Sebut ICW Dapat Proyek dari KPK Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/13/2017 09:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.