Hasil Tes Keluar, Vionina Mengidap Gangguan Jiwa Berat Skizoafektif

Wanita bugil yang hebohkan warga Jakarta
Wanita bugil yang hebohkan warga Jakarta. (Istimewa)
Beritakepo.com. Vionina Magdalena, wanita nyaris bugil di daerah Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat, telah selesai melakukan tes kejiwaan. Hasilnya, dia mengalami gangguan kejiwaan Skizoafektif.

"VM sudah kembali ke Polsek (Tamansari). Kesimpulannya mengalami gangguan jiwa berat Skizoafektif dan gangguan kepribadian emosional tak stabil tipe ambang," ujar Kapolsek Tamansari AKBP Erick Frendriz, Jumat (16/6/2017), dilansir Detikcom.

Oleh karena mengidap gangguan tersebut, Vionina tidak sadar atas apa yang dia lakukan. Dirinya pun tidak mengetahui resiko dari tindakannya tersebut.

"Yang bersangkutan kurang memahami nilai dan risiko tindakan serta mengarahkan tindakannya. Bahasa kedokterannya begitu," ucap Erick.

Hari ini, Vionina akan dikembalikan kepada pihak keluarga dan mendapat perawatan. Selama berada di tengah keluarganya, tindakan Vionina wajib diawasi.

"Saran dari hasil pemeriksaan, sidari VM membutuhkan perawatan dan pengobatan psikiatri untuk mengatasi gejala gangguan jiwanya. Karena adanya perilaku yang beresiko membahayakan dirinya," ucap Erick.

"Maka terperiksa perlu pendampingan dan pengawasan ketat terus menerus selama perawatan dari keluarga," sambung Erick.

Dilansir Doktersehat.com, gangguan skizoafektif adalah kelainan mental yang rancu yang ditandai dengan adanya gejala kombinasi antara gejala skizofrenia dan gejala gangguan afektif dimana keduanya sama-sama menonjol pada saat yang bersamaan, atau dalam beberapa hari yang satu sesudah yang lain, dalam satu episode penyakit yang sama.

Gangguan skizoafektif memiliki ciri baik : skizofrenia dan gangguan afektif (sekarang disebut gangguan mood). Kriteria diagnostic untuk gangguan skizoafektif telah berubah seiring dengan berjalannya waktu, sebagian besar karena perubahan kriteria untuk skizofrenia dan gangguan mood. Terlepas dari sifat diagnosis yang dapat berubah, diagnosis ini tetap merupakan diagnosis yang terbaik bagi pasien yang sindroma klinisnya akan terdistorsi jika hanya dianggap skizofrenia atau hanya suatu gangguan mood saja.

Pasien dengan masalah skizo-afektif ini merupakan tipikal yang paling berbahaya dan lebih berpotensi untuk melakukan bunuh diri dari pada jenis skizofrenia yang lain.


Sebelumnya, Vionina nyaris bugil di apotek di kawasan Mangga Besar pada Jumat (2/6) malam. Aksinya direkam oleh seseorang sehingga menjadi viral.

Vionina diamankan oleh Polsek Tamansari pada Senin (5/6) malam. Kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk tes kejiwaan pada Selasa (6/6).
Hasil Tes Keluar, Vionina Mengidap Gangguan Jiwa Berat Skizoafektif Hasil Tes Keluar, Vionina Mengidap Gangguan Jiwa Berat Skizoafektif Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/15/2017 09:50:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.