Polisi Tangkap 2 Anggota FPI Pelaku Persekusi Remaja di Cipinang

Pelaku persekusi remaja di Cipinang Muara ditangkap
Pelaku persekusi remaja di Cipinang Muara ditangkap. (Tempo.co)
Polisi mengevakuasi Putra Mario Alvian atau M (15), ABG yang menjadi korban persekusi sekelompok ormas di Jakarta Timur, setelah videonya viral di media sosial. Tidak lama berselang, polisi menangkap 2 orang pelaku persekusi yang diduga anggota Front Pembela Islam (FPI).

"Sudah diamankan. Yang ada di video itu kan ada beberapa, yang diamankan ada dua orang inisial M dan U," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo, Kamis (1/6/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Kedua orang tersebut, diamankan pada pukul 18.00 WIB dan 19.00 WIB, tidak jauh dari lokasi kejadian di Cipinang, Jakarta Timur. Keduanya diduga simpatisan sebuah ormas.

"Yang satu simpatisan FPI. Yang satu pakai pakaian pencak silat, yang pakai baju putih-putih, pakai peci namanya Sayap Pencak Silat," imbuhnya.

Andry mengungkap, motif para pelaku melakukan persekusi didasari oleh fanatisme terhadap tokoh yang dikaguminya. "Itu kan fanatik ke tokohnya, enggak boleh tokoh mereka disakiti, terus mereka melakukan persekusi. Tidak boleh itu," imbuhnya.

Andry menegaskan persekusi adalah tindakan yang bertentangan dengan perundang-undangan. Apabila ada keberatan, masyarakat diminta mengambil jalur hukum, bukan malah melakukan tindakan main hakim sendiri.

"Equality and equity before the law. Semua orang sama di hadapan hukum, tapi penangannya (equity), kan ini anak di bawah umur, diintimidasi oleh puluhan orang, hukumnya (perlindungan anak) lebih dilindungi. Ya kalau mereka merasa dibina, ya silakan melalui mekanisme hukum, tapi kan ini anak kecil, belum punya pemikiran, sehingga tidak boleh melakukan street of justice, hukum di jalanan," tutupnya.

Baca juga: Intimidasi, Pukul dan Tampar Remaja di Cipinang, FPI: Dia Menghina Rizieq!

Sementara itu, juru bicara FPI Slamet Maarif anggotanya hadir di lokasi untuk menghindari warga tak main hakim sendiri.

"Itu anak menghina ulama terutama Habib Rizieq lewat postingan (di medsos) dan menantang umat Islam, masyarakat tidak terima cari tuh anak untuk di nasihat dan janji untuk tidak mengulangi, anak FPI hadir untuk memastikan tidak ada main hakim sendiri," kata juru bicara FPI Slamet Maarif melalui pesan singkat, Kamis (1/6).
Polisi Tangkap 2 Anggota FPI Pelaku Persekusi Remaja di Cipinang Polisi Tangkap 2 Anggota FPI Pelaku Persekusi Remaja di Cipinang Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/01/2017 11:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.