Baru Dibangun Setahun, Batu Pilar Gedung CADL ITB Sudah Runtuh

Batu pilar gedung CADL ITB yang runtuh
Batu pilar gedung CADL ITB yang runtuh. (Detikcom)
Beritakepo.com. Jakarta - Tak ada angin, tak ada hujan, material batu tempel di salah satu pilar gedung Center for Art Design and Language (CADL) di kampus ITB runtuh. Gedung CADL itu sendiri baru diresmikan kurang dari setahun lalu.

Gedung CADL adalah salah satu gedung baru ITB yang diresmikan oleh Menristek Dikti, M Nasir pada 29 Agustus 2016 silam. Selain CADL, ada 3 gedung lain yang diresmikan bersamaan yaitu Center for Advanced Sciences (CAS), Infrastructure and Built Environment (CIBE) dan Center fo Research and Community Services (CRCS). Keempatnya berada di area kampus ITB di Jalan Ganesha, no 10, Bandung.

CADL dibangun di lahan bekas Gedung Serba Guna di ITB. Gedung ini digunakan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan pusat bahasa.

"Empat buah gedung baru ITB ini dibangun dengan dana pinjaman dari JICA Jepang. Diharapkan dengan semua fasilitas yang baru, pendidikan tinggi di ITB semakin maju dan penelitian dapat bersaing di tingkat dunia," kata Ketua Panitia Peresmian Gedung Baru ITB Reny Wirahadikusuma saat peresmian.

CADL terdiri dari 7 lantai. Material batu tempel di pilar-pilarnya merupakan salah satu khas dari gedung di kampus ITB. Hampir semua gedung di sana juga memiliki pilar berbatu.

Hanya saja, insiden nahas terjadi pada Sabtu (22/7/2017) kemarin. Di tengah perayaan wisuda mahasiswa ITB, material batu tempel itu runtuh dan melukai 6 orang mahasiswa.


Baca juga: Timpa Mahasiswa, Pilar Gedung CADL ITB Roboh Saat Wisuda

ITB akan menginvestigasi penyebab runtuhnya material batu di pilar gedung CADL ITB. Investigasi akan dilakukan dengan cara menyisir semua pilar yang ada di gedung CADL. Insiden runtuhnya material batu tempel baru pertama kali terjadi.

"Kami teliti penyebabnya apa. Jangan sampai terjadi lagi," kata Wakil Rektor ITB Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi, Miming Mihardja saat dihubungi, Sabtu (22/7/2017).
Baru Dibangun Setahun, Batu Pilar Gedung CADL ITB Sudah Runtuh Baru Dibangun Setahun, Batu Pilar Gedung CADL ITB Sudah Runtuh Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/22/2017 09:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.