Girder Flyover Proyek Tol di Pasuruan Ambruk, 1 Pekerja Tewas

Girder proyek tol Pasuruan-Probolinggo ambruk
Girder proyek tol Pasuruan-Probolinggo ambruk. (Istimewa)
Beritakepo.com. Girder pembangunan flyover proyek tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan ambruk pada Minggu (29/10 pagi. Akibatnya, satu orang pekerja tewas tertimpa ambrukan. Sementara sejumlah pekerja lainnya mengalami luka-luka.

"Minggu tanggal 29 Oktober 2017, sekitar pukul 09.45 WIB telah terjadi kecelakaan pengerjaan proyek jalan Tol Paspro," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung dalam keterangannya, dilansir beritakepo.com dari kumparan.com, Minggu (29/10).

Ia menjelaskan awal proyek tersebut ambruk adalah saat pekerja tengah memasang girder. Namun tiba-tiba girder tersebut bergoyang hingga akhirnya jatuh dan menimpa 4 kendaraan, yakni sebuah truk kontainer, pikap, dan dua motor.

Dilansir dari ilmutekniksipil.com, Girder adalah sebuah balok diantara dua penyangga dapat berupa pier ataupun abutment pada suatu jembatan atau fly over. Umumnya girder merupakan balok baja dengan profil I, namun girder juga dapat berbentuk box (box girder), atau bentuk lainnya.

"Pada saat girder sebelah timur mau dipasang ke bearing tiba-tiba goyang dan jatuh sehingga menyenggol ketiga girder yang sudah terpasang lalu jatuh ke bawah mobil pikap warna hitam dan beberapa kendaraan sepeda motor yang ada di bawahnya," tutur dia.

"Korban meninggal dunia atas nama Heri yang merupakan pekerja mekanik dari PT Waskita. Korban luka atas nama Sugiono yang mengalami patah kaki dan satu korban lainnya bernama Nurdin yang mengalami luka di punggung," tutup Frans.

Polisi masih melakukan penyelidikan peristiwa tersebut.

Flyover pengganti jalan kabupaten yang akan menghubungkan Desa Plososari-Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati tersebut memiliki 4 girder. Menurut salah seorang pekerja, 3 girder selesai terpasang kemarin dan satu girder lagi dipasang pagi tadi.

"Pagi tadi baru dipasang yang keempat. Saat memasang girder keempat itulah, semua girder jadi ambruk. Nggak tahu kenapa ambruk," ujar salah seorang pekerja yang meminta namanya tak disebutkan, di lokasi, Minggu (29/10/2017), seperti diberitakan Detikcom.
Girder Flyover Proyek Tol di Pasuruan Ambruk, 1 Pekerja Tewas Girder Flyover Proyek Tol di Pasuruan Ambruk, 1 Pekerja Tewas Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/29/2017 02:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.