Resmikan HKBP Semper, Anies Bicara Soal Merawat Tenun Kebangsaan

Anies Baswedan dan istrinya Ferry Farhati dihadiahi ulos
Anies Baswedan dan istrinya Ferry Farhati dihadiahi ulos. (Kompas.com)
Beritakepo.com. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berbicara mengenai merawat tenun kebangsaan usai mendapatkan kain ulos dalam peresmian bangunan gereja HKBP Semper di Cilincing, Jakarta Utara.

Anies menyebut bangsa Indonesia seperti tenun indah yang diikat dari benang. Jadi, kata Anies, Indonesia harus menunjukkan tenun yang kuat dan jangan sampai renggang.

"Melihat bangsa Indonesia seperti tenun indah diikat dari benang, suku bangsa, budaya, agama, kita sering merasa terancam padahal kita ini ikatan. Kita sangat kuat, kita tunjukkan tenun kita kuat, jangan sampai renggang," tutur Anies di gereja Semper, Jalan Tipar Selatan 1, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (29/10/2017), dilansir beritakepo.com dari detikcom.

Anies bersama istrinya Feri Farhati Ganis diulosi (diberi kain ulos) sebagai tanda pemberkahan agar panjang umur. Sesuai dengan nama gereja, yakni gereja Semper atau dalam bahasa latin setia, Anies berharap pemberkahan ini juga dapat membuat persahabatan menjadi Semper.

"Saya berharap jemaah HKBP di sini, Semper bahasa latin artinya loyal, setia, taat, tunduk sampai mati. Semoga persahabatan ini juga persahabatan yang Semper gitu ya. Ini membuat kita Indonesia indah, saya sering menyebutnya tenun," ucap Anies.

Anies juga mengomentari pemberian kain ulos yang dikenakan untuk berdua istrinya. Ia berharap, kain ulos tersebut dapat mengingatkan Anies dan istri untuk saling Semper.

"Tadi kami memakai ulos hangat, menariknya diberikan satu untuk berdua. Sekaligus mengingatkan bagi kami (istri) untuk saling Semper," ujar Anies.

Anies memuji gedung baru ini didirikan berkat swadaya jemaat. Dia meminta agar ke depan, hubungan baik dibina dengan masyarakat sekitar.

"Saya ingin memberi apresiasi atas kerja itu gotong rotong harus kita pertahankan. Interaksi dengan warga sekitar sangat baik," ujarnya.

Setelah menandatangi prasasti peresmian, Anies kemudian diminta menyanyi dan membantu lelang lukisan untuk kas gereja.

Dalam acara itu, Anies ikut berjoget dan bernyanyi lagu daerah Sumatera Utara (Batak),'Situmorang Na Boggal'. Sambil bernyanyi, ia melenggak-lenggokan badan serta kepalanya. Ia juga sesekali melempar senyum sambil berdendang.

Anies meninggalkan gereja pukul 11.30 WIB. Para jemaah gereja mengiringinya dengan menyanyikan lagu 'Otano Batak'.
Resmikan HKBP Semper, Anies Bicara Soal Merawat Tenun Kebangsaan Resmikan HKBP Semper, Anies Bicara Soal Merawat Tenun Kebangsaan Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/29/2017 01:55:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.