Saat Wiranto Mendamaikan Panglima TNI-Kapolri Soal Polemik Senjata Brimob

Salam Komando Menkopolhukam Wiranto
Salam Komando Menkopolhukam Wiranto. (Kumparan.com)
Beritakepo.com. Secara tersirat, Menko Polhukam Wiranto mengakui bahwa ada polemik antara pihak TNI dan Polri mengenai impor senjata api untuk Korps Brimob Polri.

Wiranto enggan menjelaskan rinci apa persoalan yang dimaksud. Dia mengatakan, tidak semua persoalan di internal dapat dibawa ke ranah publik.

"Ada hal-hal yang tidak perlu menjadi komoditas di publik. Publik bukan suatu tempat untuk kami jadikan diskursus untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti ini," ujar Wiranto.

"Berikan kesempatan kepada saya untuk sama-sama dengan Panglima TNI, Kapolri, BIN dan Pindad serta siapapun yang terlibat pengadaan senjata ini, menyelesaikan ini, kata Wiranto saat ditemui usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017).

Dia juga menegaskan persoalan itu tak akan mengganggu keamanan nasional.

"Satu hal, bahwa tidak ada satu hal yang menyebabkan gangguan keamanan nasional, itu dulu saya jamin, peristiwa ini, jadi yang saya jamin adalah bahwa masalah internal ini kita selesaikan dan tidak mengganggu keamanan nasional," kata Wiranto.

Sebagai Menko Polhukam, Wiranto mengaku akan menjadi jembatan antar kedua instansi tersebut.

"Tidak mengganggu, tentara dan polisi atau militer dan polisi ini kan dulu satu, waktu saya panglima ABRI dulu, kita pisahkan biar polisi profesionalitasnya ke arah Kamtibmas, pelindung dan pengayom masyarakat. TNI masuk ke wilayah di mana dia mencari, mendekati, kita pisahkan. Karakter senjatanya juga beda. Nah ini kita tertibkan, kita koordinasikan," jelasnya.
Wiranto bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Wiranto bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (Istimewa)
"Di masa-masa lalu memang polisi masih punya Brimob yang dilibatkan operasi tempur sekarang tidak lagi. Jadi ini nggak sederhana tapi kita selesaikan, tapi nggak ganggu keamanan nasional, kita jamin. Nanti dilarikan ke wah masalahnya bagaimana, nggak ada. Sudah, stop," tambahnya.

Untuk meredam isu itu di depan publik, Wiranto bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menunjukkan kekompakannya di hadapan publik. Ketiga sempat melakukan 'salam komando' sebagai penutup usai membahas soal polemik pengadaan senjata.
Saat Wiranto Mendamaikan Panglima TNI-Kapolri Soal Polemik Senjata Brimob Saat Wiranto Mendamaikan Panglima TNI-Kapolri Soal Polemik Senjata Brimob Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/01/2017 07:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.