Sehari Jadi Gubernur DKI, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim

Anies Baswedan saat akan mengikuti setijab Gubernur DKI
Anies Baswedan saat akan mengikuti setijab Gubernur DKI. (Tribunnews.com)
Beritakepo.com. Baru sehari menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah dilaporkan ke polisi. Organisasi sayap PDIP, Banteng Muda Indonesia (BMI) akhirnya melaporkannya ke Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017) malam.

Anies dilaporkan BMI terkait pidatonya usai pelantikan Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota tadi malam yang mengandung kata-kata pribumi. Laporan BMI dilayangkan ke Bareskrim setelah diarahkan oleh Polda Metro Jaya.

"Kami melaporkan saudara Anies Baswedan terkait isi dari sebagian pidato politik kemarin mengenai kata pribumi dan non probumi. Kami dari Polda Metro Jaya tapi dilimpahkan ke Bareskrim," ujar Kepala Departemen Pidana Hukum dan HAM DPD Banteng Muda Indonesia DKI Jakarta Pahala Sirait kepada wartawan sebelum masuk ke Gedung Bareskrim.

Pahala menyebut ucapan Anies tersebut tidak seusai dengan Instruksi Presiden Nomor 26 Tahun 1998. Inpres ini untuk melarang penggunaan kata pribumi dan non-pribumi dalam penyelenggaraan kebijakan, perencanaan program, hingga penyelenggaraan pemerintah.

Selain Inpres tersebut, BMI melaporkan dengan dugaan pelanggaran pasar UU No 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

"Sejak ada Inpres itu tidak ada lagi istilah pribumi dan non pribumi," ungkap Pahala.

Pahala mengatakan bahwa tujuan pelaporannya adalah agar pidato tersebut tidak menimbulkan perpecahan.

"Kita mau dengan pidato tersebut tidak memecah belah kedepannya. Jadi kami ini memiliki fungsi kritisi karna kami organisasi sayap partai sebagai salah satu fungsi kami adalah salah satu kontrol yakni kami melaporkan di Bareskrim," tambah Pahala.

Barang bukti yang dilampirkan dalam pelaporan ini diantaranya berkas lampiran pidato dan video Anies saat berpidato di Balai Kota.
Sehari Jadi Gubernur DKI, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim Sehari Jadi Gubernur DKI, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/17/2017 07:39:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.