Wiranto Minta Isu PKI Jangan Digoreng dan Dijadikan Komoditas Politik

Menko Polhukam Wiranto saat berada di Papua
Menko Polhukam Wiranto saat berada di Papua. (Twitter @polhukamri)
Beritakepo.com. Menko Polhukam Wiranto mengatakan sebaiknya isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak perlu digembor-gemborkan. Dia juga menegaskan jangan sampai isu PKI ini 'digoreng' untuk kepentingan politik.

"Yang goreng itu, dicari siapa yang goreng, ditanya maunya apa. Jadi jangan sampai peristiwa G30S-PKI ini jadi komoditas politik, baik jangka pendek, maupun pilpres yang akan datang. Tidak fair," kata Wiranto saat ditemui usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017), dilansir Detikcom.

Wiranto menjelaskan maksud pernyataannya itu. Menurutnya jika persoalan PKI terus 'digoreng', maka akan menimbulkan kegaduhan.

"Karena akan menimbulkan kegaduhan. Menimbulkan suatu suasana yang saling menyalahkan yang akhirnya juga mengganggu stabilitas nasional. Akhirnya mengganggu pembangunan nasional. Akhirnya, mengganggu kepentingan masyarakat," katanya.

Terkait rekonsiliasi PKI, Wiranto mengatakan pemerintah sudah melakukan upaya untuk memahami persoalan tersebut. Namun, dia menegaskan sejarah tidak bisa diulang.

"Tapi ternyata memang sejarah itu tidak bisa diputar balik kembali. Tidak bisa memutar arah jarum jam. Sehingga sejarah hanya sejarah. Kan sejarah adalah referensi kita untuk tidak mengulangi lagi. Kan Presiden sudah katakan kan? Tidak mengulangi peristiwa kelam itu sebagai pembelajaran masa kini untuk membangun masa kini dan membangun masa depan. Sehingga kemudian maka penyelesaian secara yuridis jelas tidak mungkin. Nanti akan terlalu banyak ya yang mengklaim salah dan benar dan sebagainya," jelasnya.

Wiranto mengatakan, dirinya tak ingin agar rekonsiliasi itu berubah jadi suasana yang saling mengklaim dan menyalahkan. Oleh karena itu diadakan penyelesaian dengan cara non yudisial.

"Dan sebenarnya sudah berlangsung proses itu. Otomatis proses itu sudah berlangsung, di mana tidak ada lagi larangan-larangan yang kemarin kan beberapa family yang terlibat dalam masalah PKI menjabat sebagai pegawai, sekarang sudah ada," katanya.

Sebenarnya, lanjut Wiranto, penyelesaian secara non yudisial atau penyelesaian pembauran kembali dari seluruh komponen masyarakat itu sudah terjadi.

"Lalu apa yang diributkan? Kalau kita selalu menyalahkan terus, energi kita habis untuk masalah ini. Maka tadi Presiden mengatakan bahwa, sudahlah itu merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia untuk jadi pembelajaran bangsa ini ke depan," katanya.
Wiranto Minta Isu PKI Jangan Digoreng dan Dijadikan Komoditas Politik Wiranto Minta Isu PKI Jangan Digoreng dan Dijadikan Komoditas Politik Reviewed by Amborsius Ambarita on 10/01/2017 12:35:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.