Dicopot dari Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri Jadi Talent Scouting

Indra Sjafri saat melatih Timnas U19
Indra Sjafri saat melatih Timnas U19. (metrotvnews.com)
Beritakepo.com. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mencopot jabatan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas U-19. Namun, kebersamaan Indra dengan PSSI masih berlanjut. Pria berusia 54 tahun tersebut disodori jabatan baru sebagai expert talent scouting dalam tubuh timnas.

"PSSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Indra Sjafri yang selama ini bekerja keras bersama Timnas U-19. Kami tetap akan bekerja sama dengan pelatih Indra di Federasi untuk membangun sepak bola nasional. Ini merupakan tugas dan tantangan yang jauh lebih besar," kata Tisha.

Jadi, seperti apa sebenarnya tugas baru Indra Sjafri nantinya? Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menjelaskan bahwa Indra bertugas untuk mencari dan mendata pemain-pemain usia muda.

"Ada dua hal yang PSSI cermati. Yang pertama adalah area pendidikan, area football development, itu area pendidikan. Tidak hanya coaching education di daerah, tapi coach-coach kami yang punya talent, salah satunya Indra Sjafri."

"Maka dari itu, rapat Exco memutuskan memberikan satu pendidikan sekolah, peningkatan skill experience bagi Coach Indra Sjafri itu ada area itu sendiri. Maka itu, harus dilepas untuk Timnas U-19,"

"Yang kedua, kontribusi terhadap football development. Tidak tepat disebut pemimpin karena ada Danurwindo (direktur teknis) di depannya, tapi ini adalah penggawa-penggawa di depannya yang bisa membantu PSSI dalam mendata untuk menjaring dan mewujudkan mimpi besar kami." dia menjelaskan.

Sebelum menuju tugas baru, Indra Sjafri diminta untuk mengawal transisi Timnas U-19 dengan pelatih baru yang sedang disiapkan PSSI hingga Januari. Barulah setelah Februari, Indra Sjafri lebih fokus untuk membantu area football development untuk bersama-sama menjawab visi besar PSSI untuk Olimpiade 2024.

Indra Sjafri ditunjuk sebagai pelatih timnas U-19 pada pertengahan bulan Januari 2017 dengan kontrak kerja sampai Desember 2017. Indra sempat mengemban pekerjaan serupa dari tahun 2013 hingga 2014.Bersama Indra timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2013 dengan mengalahkan Vietnam pada partai final.

Pada Piala AFF di September 2017 lalu, Indra Sjafri menempatkan timnas Indonesia di peringkat tiga. Indonesia gagal ke final setelah kalah adu penalti dari Thailand di babak semifinal.

Sementara, pada babak kualifikasi Piala Asia di Korea Selatan baru-baru ini, Indra Sjafri juga hanya bisa menempatkan Indonesia di peringkat tiga Grup F di bawah tuan rumah Korea Selatan dan Malaysia. Dari empat laga di grup F, Indonesia menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara, pada dua laga lainnya Indonesia kalah 0-4 dari Korea Selatan dan 1-4 dari Malaysia.

Siapa Pengganti Indra Sjafri?

Tisha mengatakan belum mengantongi atau membidik satu pun pelatih sebagai pengganti Indra. Dia hanya menyebut kriteria yang wajib dimiliki oleh calon pelatih Timnas U-19.

"Untuk saat ini belum ada, karena sampai saat ini PSSI masih menggodoknya masalah kriteria. Karena ini timnas usia muda maka kami ingin mencari pelatih yang sesuai dengan filanesia (filosofi sepakbola Indonesia) kami," ungkap Tisha

"Nanti kami akan lihat scanning dulu untuk melihat kriterianya. Awal Desember akan kami tentukan kriterianya, kira-kira sebelum tanggal 13 November. Kami akan scanning fit and proper-nya seperti apa. Kira-kira tanggal 15 atau paling lambat 17 Desember sudah ready," lanjut Tisha.

PSSI membuka peluang bagi pelatih mana pun yang memenuhi kriteria, baik lokal maupun asing. Nantinya pelatih yang terpilih langsung memimpin timnas U-19 di Piala Asia 2018.

"Asing atau lokal? Bisa keduanya. Yang paling penting dia harus terintegrasi dengan Filanesia (Filosofi Sepakbola Indonesia). Pola latihan tidak boleh keluar dari filanesia ini. Jadi kedua-duanya bisa," kata Tisha.

"Terkait hal-hal mengenai teknis, masalah kontrak (pelatih baru) Desember baru bisa kami bicarakan. Konsepnya seperti itu, nanti dari kesekjenan memformulasikan yang akan diputuskan di rapat Exco pada 13 Desember," tuturnya.
Dicopot dari Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri Jadi Talent Scouting Dicopot dari Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri Jadi Talent Scouting Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/21/2017 11:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.