Dipindah Ke Rutan KPK, Setya Novanto Tiba Pakai Kursi Roda

Setya Novanto tiba di gedung KPK memakai kursi roda
Setya Novanto tiba di gedung KPK memakai kursi roda. (Kumparan.com)
Beritakepo.com. Setya Novanto kini dibawa ke Gedung KPK untuk menjalani penahanan di Rutan KPK dengan memakai rompi oranye. Ketua DPR tersebut tiba jam 23.39 WIB, Minggu (19/11/2017). Dia tiba dengan menggunakan rompi oranye. Novanto dibawa menggunakan mobil tahanan, dan duduk di bagian depan.

Saat turun, dia langsung duduk di kursi roda. Dia terlihat lemas, namun sempat menyapa wartawan dengan melambaikan tangan. Tak ada kata-kata terucap dari tersangka korupsi e-KTP itu yang aka ditahan di Rutan KPK.

KPK menyatakan sudah menerima laporan dari Ikatan Dokter Indonesia terkait kesehatan Setya Novanto. IDI menyatakan Novanto sudah bisa dipindah ke Rutan KPK sekaligus menjalani pemeriksaan oleh penyidik badan anti-rasuah tersebut.

"IDI juga sudah bekerja, hasilnya sudah disampaikan ke KPK. Intinya, apakah sudah bisa dilakukan pemeriksaan, sudah dapat dilakukan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di RSCM, Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2017), dilansir beritakepo.com dari detikcom.

Novanto sampat saat ini masih berada di RSCM Kencana. Rencananya dia akan dibawa ke rutan KPK malam ini.

Pemindahan itu terkait dengan hasil pemeriksaan dari RSCM yang menyatakan Novanto tidak perlu dirawat lagi. Sebelumnya KPK telah menahan Novanto namun penahanan itu dibantarkan lantaran Novanto harus dirawat di rumah sakit pasca kecelakaan.

KPK memberi rujukan agar Setya Novanto yang terlibat kecelakaan dirujuk ke RSCM Kencana, Jakarta. Alasannya agar kondisi kesehatan Novanto bisa dilihat lebih obyektif.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama yang erat antara RSCM dan IDI yang telah memastikan kepada kami," ujar Wakil Ketua KPK Laode Syarif.

Sebelumnya, irektur RSCM Dr dr CH Soejono, SpPD menyatakan hasil serangkaian pemeriksaan kondisi kesehatan Setya Novanto membaik. Novanto sudah tidak membutuhkan rawat inap.

"Benar adanya bahwa sejak Jumat yang lalu pasien SN itu dikirim dari RS sebelumnya ke RSCM untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan dan kemudian Jumat tersebut, Sabtu sampai Minggu ini serangkaian wawancara medis dan pemeriksaan jasmani dan beberapa pemeriksaan penunjang dilakukan untuk menyimpulkan bagaimana kondisi kesehatan, dan memberikan penatalaksanaan sesuai yang dibutuhkan," kata Soejono di konferensi pers di waktu yang sama.

"Hingga tim dokter RSCM menyatakan yang bersangkutan tidak ada indikasi lagi dirawat inap," sambung Soejono.

Laode menyebutkan alasan KPK memilih RSCM sebagai rujukan terhadap Novanto dan IDI untuk memberi second opinion. Tim dokter dari IDI memang melakukan pemeriksaan kepada ketua DPR itu.

"Mengapa KPK memberi rujukan ke RSCM dan kerja sama dengan IDI agar kesehatan SN bisa dilihat lebih obyektif, RSCM menjadi rujukan utama di Jakarta maka kami memilih RSCM sebagai rujukan," ujar Laode.
Dipindah Ke Rutan KPK, Setya Novanto Tiba Pakai Kursi Roda Dipindah Ke Rutan KPK, Setya Novanto Tiba Pakai Kursi Roda Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/19/2017 09:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.