Pernah Ditanya Apa Agamanya, Bondan Winarno: Saya Kristen

Bondan Haryo Winarno
Bondan Haryo Winarno. (Tirto.id)
Beritakepo.com. Bondan Haryo Winarno, atau yang akrab disapa Pak Bondan, meninggal dunia Rabu (29/11/2017) pagi tadi, pukul 09.15 WIB di RS Harapan Kita. Bondan diketahui telah menjalani perawatan jantung dalam beberapa bulan terakhir.

Bondan dikenal penganut agama Kristen yang taat. Walaupun dia tak pernah mengekspos kepercayaannya, Pada tahun 2010, sekitar 7 tahun sebelum meninggal dunia, almarhum pernah ditanya seorang netizen soal apa agamanya. Pertanyaan itu dilontarkan melalui Twitter.

Pemilik akun @nina_azkanich menulis kicauan, "@PakBondan pak bapak muslim atau non muslim ??"

Kemudian Bondan melalui akunnya @PakBondan membalas, "Saya bukan non-Muslim. Saya Kristen."

Rupanya akun @nina_azkanich kini terhapus. Namun, netizen masih menyimpan kicauannya.


Walau beragama Kristen yang biasanya dimakamkan dengan penguburan, jenazah Bondan akan dikremasi. Ini merupakan kehendak pria yang dikenal dengan ucapan 'maknyus' ini semasa hidup.

"Sesuai kehendak, dia ingin dikremasi. Jadi kita akan kremasi," kata putra pertama Bondan, Eliseo Winarno di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (29/11/2017), dilansir beritakepo.com dari detikcom.

Saat ini, jenazah Bondan masih berada di RS Harapan Kita dan sedang diformalin. Keluarga belum menentukan di mana jenazah Bondan dikremasi.

"Kita juga belum tahu. Keluarga masih rembuk. Kita akan bawa ke tempat semayam. Kita akan putuskan apakah hari ini atau besok (dikremasi). Yang jelas dia minta dikremasi," ucapnya.
Putra pertama Bondan bernama Eliseo Winarno
Putra pertama Bondan bernama Eliseo Winarno. (detikcom)
Bondan meninggal dunia karena gagal jantung. Keluarga Bondan, termasuk sang istri Yvonne, sudah dapat merelakan kepergian pria tersebut.

"Sangat berduka, tapi ibu saya sudah relakan dan sangat siap. Saat dokter mengatakan sudah sulit bertahan, dia bilang sudah merelakan," ujar Eliseo.

Bondan lahir di Surabaya, 29 April 1950. Dia kini dikenal sebagai pakar kuliner dengan ungkapan khasnya, "Maknyus!" Sebelumnya, dia merupakan wartawan dan pengusaha. Dia meninggalkan tiga orang anak.
Pernah Ditanya Apa Agamanya, Bondan Winarno: Saya Kristen Pernah Ditanya Apa Agamanya, Bondan Winarno: Saya Kristen Reviewed by Amborsius Ambarita on 11/28/2017 11:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.