Tanggul Jatipadang Jebol, Anies Akan Gusur Warga Tanpa Sediakan Rusun

loading...
Anies Baswedan meninjau tanggul di Jatipadang
Add caption
Beritakepo.com. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung meninjau lokasi tanggul jebol di Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu malam, 20 Desember 2017. Tanggul tersebut belakangan diberina nama Baswedan oleh warga setempat.

Anies datang bersama anaknya. Melihat kondisi bibir sungai yang menyempit, karena banyak bangunan, Anies pun berencana melebarkannya atau melakukan normalisasi seperti rencana gubernur sebelumnya, .

Lantas, apakah rumah warga terkena gusur?

"Ya, memang tak ada pilihan lain, harus ada pelebaran, sungai makin kecil karena warga menempati, membangun, betul-betul mengurangi lebar sungai. Kalau diperhatikan ke belakang sana, 50-100 meter nanti sungai hilang di atas rumah penduduk," ujarnya di lokasi, seperti dilansir beritakepo.com dari viva.co.id.

Anies mengemukakan, volume air besar sungai ketutup dan berdasarkan laporan warga kejadian ini tiap tahun.

"Karena itu, saya tegaskan tak ingin peristiwa seperti ini tiap tahun terjadi. Ini adalah kali terakhir, sesudah musim hujan akan perbaiki tuntas. Kami hanya lakukan pelebaran, usai musim hujan saat ini," ujarnya.

Menurut Anies, hal yang penting dalam jangka pendek, warga tidak lagi tergenang air yang melimpah karena tembok pecah. Lantaran itu, ia akan berdiskusi dengan warga untuk membicarakan pelebaran sungai. Sebab, sudah banyak penderitaan akibat sungai tertutup itu.

"Nanti kita panggil, ajak bicara, dan tunjukkan bukan hanya peraturan, tetapi soal penderitaan. Pada tega enggak, tetangganya menderita karena lebar sungai dikurangi oleh rumah warga sendiri," ujarnya.

Walaupun demikian, Anies tak menyebut menyediakan rusun bagi warga yang akan terkena relokasi atau penggusuran. Dia hanya meminta warga yang tinggal di bantaran sungai untuk sukarela pindah.

"Jadi, mari kita pikirkan sama-sama, jangan pikirkan diri sendiri-sendiri lingkungan bersama," kata Anies.

Ketika ditanyai apakah akan melakukan relokasi atau menggeser mereka ke lokasi yang lebih aman seperti dipindah ke rusun, ia belum bisa menjelaskan secara jelas.

"Kami belum tahu apakah relokasi atau sekadar kami kurangi," kata Anies.
Tanggul Jatipadang Jebol, Anies Akan Gusur Warga Tanpa Sediakan Rusun Tanggul Jatipadang Jebol, Anies Akan Gusur Warga Tanpa Sediakan Rusun Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/20/2017 10:39:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.