Cegah Korupsi, KPK DKI Minta Anies Terapkan Cashless Seperti Ahok

Ketua KPK DKI Jakarta, Bambang Widjojanto
Ketua KPK DKI Jakarta, Bambang Widjojanto. (Istimewa)
Beritakepo.com. Komite Pencegahan Korupsi (KPK) Ibu Kota meminta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menerapkan sistem transaksi non tunai yang selama ini dimaksimalkan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Sebagian besar isu korupsi ada di APBNP atau APBDP. Karena di saat injury time ya kan dilihat saja, salah satunya Sumber Waras, ya, dikasih apa? Cash. Di akhir Desember itu adalah modus dan itu pola memang di sini saja nggaklah boleh tuh gituan," kata Ketua KPK Ibu Kota Bambang Widjojanto di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018), dilansir beritakepo.com dari Detikcom.

Bambang mengatakan timnya tidak bisa melakukan tindakan penegakan hukum. Dia menyebut hanya bisa memberikan rekomendasi serta membangun sistem untuk mencegah korupsi.

"Kalau mungkin nanti ada informasi yang kita temukan dan belum dimiliki oleh penegak hukum, mungkin (bisa diberikan)," sebutnya.

Bambang membantah bila dikatakan timnya akan tumpang tindih dengan Inspektorat DKI. Dia mengatakan timnya membangun sistem pencegahan korupsi yang terintegrasi.

"Sebenarnya tidak ada yang tumpang tindih. Kenapa nggak tumpang tindih dengan Inspektorat? Kita kan melekat informal, kita kan koordinasi dan kan ada informasinya. Kita akan bangun sistem, bahkan kita bisa memberi, bagian saya bilang we are partner," terangnya.

Bambang mengatakan TGUPP akan segera meluncurkan sistem yang disebut 'One Map One Data' dalam dua pekan. Sistem tersebut akan mengintegrasikan data dan aset antarsatuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mencegah korupsi dan meningkatkan pendapatan daerah.

"Ada proses yang sedang jalan. Kita nanti mau membangun One Map One Data. Itu mengintegrasikan seluruh data di SKPD dan nanti akan di-overlay, digabung," katanya.
Cegah Korupsi, KPK DKI Minta Anies Terapkan Cashless Seperti Ahok Cegah Korupsi, KPK DKI Minta Anies Terapkan Cashless Seperti Ahok Reviewed by Amborsius Ambarita on 1/04/2018 09:45:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.