Lulung: Kalau Jalan Jatibaru Dibuka, di Istana Dibuka Dong?

loading...
Lulung saat sopir angkot demo di Tanah Abang
Lulung saat sopir angkot demo di Tanah Abang. (Detikcom)
Beritakepo.com. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham " Lulung" Lunggana menanggapi surat rekomendasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang minta Jalan Jatibaru dibuka.

Lulung mempertanyakan kenapa kepolisian tidak menuntut hal yang sama pada penutupan jalan yang lain.

"Artinya di Istana dibuka dong, di eks Kedubes Inggris dibuka, di Kedubes Amerika dibuka, Kota Tua dibuka. Itu kalau kita mau patuhi aturan," ujar Lulung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (29/1/2018), dilansir beritakepo.com dari Kompas.com.

Lulung mengatakan sudah bertahun-tahun Pemprov DKI Jakarta mencoba menata Tanah Abang. Dulu, konsep penataannya dengan cara penertiban pedagang kaki lima.

Cara itu dinilai tidak berhasil karena akhirnya PKL selalu kembali lagi berjualan di trotoar. Kata Lulung, baru kali ini penataan Tanah Abang dilakukan serius.

"Saya bilang serius dong, Insya Allah saat ini serius," kata Lulung.

Oleh karena itu, diskresi gubernur diperlukan dalam hal ini. Lulung senang Pemprov DKI memberi kepastian kepada pedagang Tanah Abang.

Lulung menilai Gubernur DKI Anies Baswedan dapat menggunakan hak diskresi untuk menata kawasan Tanah Abang. Sebab, kemacetan di kawasan Tanah Abang sudah berlangsung selama bertahun-tahun sehingga perlu solusi.

"Boleh dong (Tanah Abang ditata dengan menggunakan hak diskresi). Makanya pengertian diskresi dong. Tanah Abang, makanya kita debat soal diskresi. Emang laut? Diskresi, nggak ada laut diskresi," kata Lulung.

"Kalau force majeure (keadaan mendesak) itu diskresi. Tanah abang yang sudah bertahun-tahun ada pedagang di situ, diajarin terus. Lokasi nggak ada. Apa upayanya? Sementara buat diskresi," imbuh dia.

Namun, dia setuju bahwa konsep penataan ini sebaiknya bersifat temporer.

"Harus temporer, saya enggak mau kalau itu enggak punya konsep lanjutan," ujar Lulung.

Konsep lanjutan yang disebut Lulung sama dengan yang sebelumnya disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Skybridge akan dibangun di Tanah Abang yang menjadi koneksi antarmoda di sana.

"Saya akan dukung itu dan saya bilang jangan lama-lama, karena ranahnya sudah masuk politisasi, kasihan," kata dia.
Lulung: Kalau Jalan Jatibaru Dibuka, di Istana Dibuka Dong? Lulung: Kalau Jalan Jatibaru Dibuka, di Istana Dibuka Dong? Reviewed by Amborsius Ambarita on 1/29/2018 04:21:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.