Rizieq Ingin Maju Pilpres, PAN Ingatkan Kasus Hukum yang Menjeratnya

loading...
Kasus mesum yang menjerat Rizieq dan Firza
Kasus mesum yang menjerat Rizieq dan Firza. (pepo.id)
Beritakepo.com. PAN tak mempersoalkan keinginan Habib Rizieq Syihab yang berniat maju Pilpres 2019 lewat koalisi 212, di mana mereka jadi satu dari empat partai yang diminta berkoalisi selain Gerindra, PKS dan PBB.

Ketua DPP PAN Mulfachri Harahap menyebut ada syarat tak tertulis yang mesti melekat di tubuh seorang capres. Dia menyinggung kasus hukum yang menjerat Rizieq sehingga Rizieq tak berani pulang ke Indonesia.

"Terbukti tidak pernah melakukan tindak..., tidak..., berkelakuan baik. Itu syaratnya. Di luar syarat formal, ada syarat yang tidak tertulis, itu tadi: soal kepemimpinan, soal kompetensi, soal kapasitas dan seterusnya," ucap Mulfachri kepada wartawan, Sabtu (24/3/2018).

Mulfachri lalu bicara syarat formal dan nonformal untuk seseorang yang ingin maju dalam kontestasi pilpres. Menurutnya, seorang calon harus memulai dengan mengukur kapasitas sendiri.

"Saya kira sampai pada tahap ini orang kemudian harus mulai mengukur diri, kira-kira patut atau tidak seseorang itu mengajukan dirinya. Saya kira persoalannya terletak pada itu," terang Mulfachri.

Untuk syarat formal, kata Mulfachri, seseorang harus diusung partai politik. Pengusungan itu pun tak bisa main asal dilakukan saja. Partai pengusung harus memenuhi syarat ambang batas pengajuan calon presiden yang diatur di UU Pemilu: 20-25 persen suara perolehan Pemilu 2014.

Walaupun demikian, Mulfachri menyebut Rizieq berhak untuk maju dalam Pilpres 2019 dan menyerahkan masyarakat untuk menilai apakah dia pantas atau tidak.

"Siapa pun berhak untuk mengatakan kalau dia siap maju dalam kontestasi pilpres itu, tapi kan masyarakat juga punya hak untuk menilai apakah yang bersangkutan memiliki sejumlah syarat yang memang harus ada kepada siapa pun yang memang punya niat untuk maju jadi presiden," ujar Mulfachri , yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi III DPR yang membidangi persoalan hukum.

Dari semua syarat di atas, Mulfachri menyebut PAN telah mengantongi beberapa nama capres yang dianggap memenuhi. Apakah Habib Rizieq memenuhi atau bahkan tidak? Mulfachri enggan menjawabnya.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Maarif mengatakan Habib Rizieq bisa saja maju Pilpres 2019. Namun ada kondisi yang harus dipenuhi sebelum itu.

"Insyaallah jika diminta ulama dan umat (Habib Rizieq siap maju Pilpres 2019)," kata Slamet, yang juga jubir FPI, melalui WhatsApp, hari ini, seperti dilansir beritakepo.com dari Detikcom. .
Rizieq Ingin Maju Pilpres, PAN Ingatkan Kasus Hukum yang Menjeratnya Rizieq Ingin Maju Pilpres, PAN Ingatkan Kasus Hukum yang Menjeratnya Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/24/2018 02:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.