Viral Ketik BFF di Facebook Untuk Tahu Akun Aman Ternyata Hoax

loading...
Viral ketik BFF di Facebook
Viral ketik BFF di Facebook
Beritakepo.com. Sepekan terakhir, viral postingan di Facebook tentang cara mengecek kemanan sebuah akun. Khusus di Indonesia, postingan tersebut biasanya diisi wajah Donald Trump dan Mark Zuckerberg untuk meyakinkan netizen serta menyebar di grup yang berisikan banyak anggota.

Dalam postingan tersebut tertulis,“Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun anda aman di facebook. Ketika Bff di komentar, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang. #copied.”

Segera postingan tersebut menyebar. Banyak netizen di Indonesia yang memberikan reaksi dengan cara mengetik kata “BFF” di kolom komentar, sesuai dengan ‘petunjuk’ tersebut. Hasilnya, ada yang teks BFF-nya memang berwarna hijau, ada pula yang tetap berwarna hitam.

Lalu, benarkah cara tersebut mampu membuktikan aman tidaknya sebuah akun Facebook?

Dilansir beritakepo.com dari Tribunnews.com, faktanya itu adalah berita palsu, alias hoax. Itu hanyalah fitur Facebook yang disebut text delight yang secara otomatis mengubah warna kata “BFF” yang kita tulis di Facebook menjadi hijau. Tak hanya BFF, ada juga "Rad", "LMAO", "Congratulations", dan "You Got This".

Tidak ada hubungannya dengan aman atau tidaknya akun Facebook kita.

Lalu, mengapa ada beberapa akun yang warnanya berubah menjadi hijau, adapula yang tetap berwarna hitam?

Indikator warna tersebut bukan soal faktor aman atau tidaknya akun anda. Penyebabnya hanyalah anda sudah meng-update aplikasi Facebook atau browser anda atau belum.

Jika belum, ya, kemungkinan besar fitur text delight tidak bisa Anda nikmati. Dengan kata lain kata “BFF” tidak akan berubah menjadi hijau.

Viral Ketik BFF di Facebook Untuk Tahu Akun Aman Ternyata Hoax Viral Ketik BFF di Facebook Untuk Tahu Akun Aman Ternyata Hoax Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/23/2018 07:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.