Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI Meninggal

loading...
Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di G30SPKI
Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di G30SPKI. (Istimewa)
Beritakepo.com. Masih ingat dengan Amoroso Katamsi, pemeran sosok Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30SPKI. Aktor tersebut meninggal dunia di usia 78 tahun pada Selasa dinihari, 17 April 2018 di RS TNI Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Kabar duka cita ini disampaikan oleh jurnalis senior Goenawan Mohammad lewat akun Twitter miliknya, @gm_gm pada Selasa (17/4/2018).

"Amaroso Katamsi, aktor yang memerankan Presiden Suharto dalam pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini," tulis Goenawan, dilansir beritakepo.com dari CNN Indonesia.

Belum diketahui penyakit apa yang diderita pria kelahiran Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 tersebut. Menurut putri Amoroso, Aning dan Ratna Katamsi, kesehatan sang ayah memang menurun sejak awal tahun ini.

"Januari ini jatuh dan patah tulang, terus juga sempat masuk rumah sakit tapi sudah sempat pulang. Cuma yaitu kondisi kesehatannya menurun kayak nggak mau makan dan nggak mau minum. Jadi kondisinya semakin lemah. Sudah tua juga dan macam-macam," kata Ratna, Selasa (17/4/2018), dilansir dari detikHot.

"Kalau jatuhnya waktu itu jatuh di rumah ya. Bapak kan biasanya ke mana-mana pakai tongkat, ya tapi kalau di rumah itu harus pegang-pegangan mungkin waktu itu pegangannya nggak kuat jadi bapak jatuh," urai Aning Katamsi lagi.

Jumat malam (13/4) Amoroso pun dilarikan ke rumah sakit dan langsung masuk ruang ICU.

"Nah pas Sabtunya sudah memakai alat bantu dan kesehatannya semakin menurun," terang Aning lagi.

Jenazah kemudian disemayamkan di rumah duka Jalan Kamper No. 9, Kompleks AL Pangkalan Jati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Setelah disholatkan di Masjid Imam Bonjol Pangkalan Jati, jenazah dimakamkan di TPU Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Amoroso merupakan seorang tentara sekaligus dokter. Iamengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Saat itu, ia mengajukan beasiswa ke berbagai instansi, termasuk ke Angkatan Laut Republik Indonesia. Amoroso pun diterima dan diangkat menjadi tentara.

Kendati menjadi tentara, kegemarannya di dunia peran tidak ditinggalkan. Ia memang sudah menyukai dunia seni sejak kecil. Saat berkuliah di UGM pun ia sempat aktif di Kelompok Studi Drama Jogja. Di sini lah, Amoroso bertemu Arifin C Noer. Seiring berjalannya waktu, Amoroso dikenal luas sebagai perwira militer yang juga aktif berteater. Ia berdinas aktif di TNI-AL dengan pangkat terakhir laksamana pertama TNI alias perwira tinggi bintang satu,

loading...

Amoroso pertama kali terjun ke dunia seni peran pada 1976 dalam film Cinta Abadi. Namanya mulai menanjak ketika memerani Soeharto di film Djakarta 1966 pada 1982 dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI garapan sutradara Arifin C. Noer pada 1984. Demi kesuksesan memerankan sosok Presiden ke-2 Indonesia itu, Amoroso mendapat kesempatan sehari bersama Soeharto.

Perannya sebagai Soeharto membawa Amoroso mendapat nominasi Pemeran Utama Terbaik Festival Film Indonesia 1984. Namun, ia gagal menjadi pemenang dan membawa pulang piala.

Amoroso juga berperan sebagai Soeharto dalam film Dibalik 98 pada 2015. Selain film, Amoroso juga tampil di beberapa sinetron, seperti Tukang Bubur Naik Haji (2013), Orang-orang Kampung Dukuh (2017), dan Tuhan Beri Kami Cinta (2017). Amoroso meninggalkan seorang istri, Pranawengrum Katamsi, tiga anak, Ratna Katamsi, Aning Katamsi (penyayi seriosa) dan Doddy Katamsi, vokalis band rock Elpamas, serta enam cucu.
Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI Meninggal Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI Meninggal Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/16/2018 11:10:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.