Bertemu Prabowo di Grand Hyatt, Luhut Jadi Utusan Jokowi

loading...
Luhut saat pertemuan Jokowi-Prabowo di Hambalang
Luhut saat pertemuan Jokowi-Prabowo di Hambalang. (Liputan6.com)
Beritakepo.com. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di restoran di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat (6/4). Pertemuan ini mengundang tanya dan dikaitkan dengan Pilpres 2019 terutama soal isu tawaran untuk Prabowo menjadi cawapres Jokowi.

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon pada Jumat 2 Februari 2018 lalu pernah menceritakan adanya tawaran tersebut. Fadli mengklaim ada semacam utusan Jokowi yang ditugaskan melobi Prabowo. Bagi Fadli, lobi-lobi ke Prabowo merupakan upaya pemerintah menciptakan capres tunggal. Gerindra mengaku tak tertarik dengan tawaran itu.

"Ya adalah utusan-utusan orang yang datang menawarkan, bergabung agar Pak Prabowo jadi cawapres dan sebagainya," ujar Fadli, dilansir beritakepo.com dari Detikcom.

Luhut memang bukan menteri biasa. Ia kadang disebut sebagai menteri segala urusan. Hal itu terkait ruang lingkup dan tanggung jawab kerja Menko Luhut yang dinilai seakan mengerjakan banyak hal, bahkan yang dianggap merupakan tanggung jawab pihak lain.

Sebagai contoh, Oktober 2016, situasi Indonesia tengah panas. Pemicunya adalah pernyataan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama, yang dianggap menista agama karena mengutip Al Qur'an ayat Al Maidah 51.

Untuk mendinginkan suasana, Presiden Jokowibersilaturahmi dengan sejumlah tokoh dan kelompok. Tokoh pertama yang ditemui kepala negara adalah rivalnya pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto.

Berkunjung ke kediaman Prabowo di Hambalang untuk membahas politik dan keamanan, Jokowi bukannya ditemani oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto. Saat itu, Jokowi lebih memilih ditemani Luhut yang menjabat Menko Kemaritiman.

Kedekatan Luhut dengan Prabowo membuatnya dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk ikut dalam pertemuan penting itu. Keakraban Luhut dan Prabowo pun membuat suasana pertemuan yang membahas topik serius tetap berlangsung cair. Bahkan, usai pertemuan, Jokowi dan Prabowo menunggang kuda bersama untuk menunjukkan kekakraban dihadapan publik.


Kembali soal pertemuan di Grand Hyatt, Wasekjen Gerindra Andre Rosiade menjawab isu bahwa pembicaraan itu mengandung tawaran kepada Prabowo agar menjadi cawapres Joko Widodo. Bagi Andre, itu tidak benar dan dia menegaskan Prabowo akan tetap maju sebagai calon presiden di 2019.

"Pertemuan Pak Prabowo dan Pak Luhut tidak akan berpengaruh apa pun kepada pencalonan Pak Prabowo sebagai capres," tegas Andre kepada wartawan, Jumat (6/4/2018).

Andre menyebut Prabowo dan Luhut merupakan sahabat lama. Keduanya, di masa lampau, juga disebut sebagai rekan bisnis.

"Yang jelas, pertemuan antara sahabat lama ini tidak akan mengubah rencana Partai Gerindra mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres," ucap Andre.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Ketua DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Menurut Dasco, sebelum ini Prabowo dan Luhut juga sudah sering menggelar pertemuan. Namun, Dasco mengaku tak mengetahui apa yang dibahas Prabowo dan Luhut dalam pertemuan terakhir itu.

Politisi Gerindra lainnya, Ahmad Riza Patria mengakui, selama ini Luhut lah yang menjadi penghubung antara Presiden Jokowi dan Prabowo. Kedekatan Luhut dan Prabowo sejak mengemban karir di militer membuat komunikasi antara kedua tokoh tersebut berjalan dengan baik.

"Jadi, Pak Luhut itu termasuk yang menjembatani pemerintah dengan oposisi Gerindra," kata Riza. Riza mengatakan, pertemuan keduanya selama ini umumnya membahas situasi dan kondisi bangsa. Luhut dari pihak pemerintah menyampaikan apa yang menjadi program Jokowi.

Sementara Prabowo menyampaikan apa yang menjadi kritik dan harapan dari oposisi.

"Kan perlu ada orang di pemerintah untuk berkomunikasi dengan Pak Prabowo, dengan Gerindra. Pak Luhut lah yang selalu membangun komunikasi dengan Prabowo," ujarnya.
Bertemu Prabowo di Grand Hyatt, Luhut Jadi Utusan Jokowi Bertemu Prabowo di Grand Hyatt, Luhut Jadi Utusan Jokowi Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/07/2018 12:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.