Hadiri Sidang Perdana, Ahmad Dhani Berkaus #2019GantiPresiden

loading...
Ahmad Dhani Berkaus #2019GantiPresiden
Ahmad Dhani Berkaus #2019GantiPresiden. (Detikcom)
Beritakepo.com. Ahmad Dhani menjalani sidang perdana kasus ujaran kebencian (hate speech) di PN Jaksel, Senin (16/4/2018). Dia hadir dengan mengenakan kaus #2019GantiPresiden, didampingi Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) dan anaknya, Abdul Qodir Jaelani. Asma Dewi dan aktivis Ratna Sarumpaet juga turut menghadiri sidang tersebut.

Saat sidang dibuka sekitar pukul 17.00 WIB. Ahmad Dhani kemudian diminta duduk ke kursi pesakitan. Ketika majelis hakim sibuk memeriksa berkas surat kuasa pengacaranya, Dhani menoleh ke awak media sambil menunjukan jarinya membentuk jempol dan telunjuk seperti gaya 'menembak'.

Ketua majelis hakim Ratmoho menyatakan terdakwa ujaran kebencian Ahmad Dhani tidak ditahan selama persidangan. Ratmoho pun meminta Dhani selalu menghadiri sidang.

"Karena tidak ditahan di penyidik maupun di penuntut umum tidak menahan, maka pengadilan tidak akan melakukan penahanan. Tetapi dengan catatan, diharapkan setiap sidang datang," kata Ratmoho mengawali persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Senin (16/4/2018), seperti dilansir beritakepo.com dari Detikcom.

Ratmoho menyatakan, jika berhalangan hadir, Dhani wajib memberi tahu pengadilan. Ia juga meminta Dhani memberi tahu jaksa jika tak bisa hadir.

"Tetapi manusiawilah kalau seandainya berhalangan hadir. Tapi beri tahu ke Pak Jaksa atau ke panitera, atau pengacaranya banyak bisa lapor," ujar Ratmoho.

Dhabi didakwa melakukan ujaran kebencian lewat cuitan di akun Twitter. Cuitan Ahmad Dhani, menurut jaksa, bisa menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan.

loading...

"Terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani bersama-sama dengan Suryopratomo Bimo alias Bimo pada Februari 2017-Maret 2017, yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA," kata jaksa membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jaksel, Senin (16/4/2018).

Ada tiga cuitan yang diunggah di akun Twitter Ahmad Dhani, @AHMADDHANIPRAST. Cuitan ini diunggah admin Twitter Ahmad Dhani, Bimo.

Ahmad Dhani dilaporkan oleh Jack Boyd ke Polres Jaksel atas dugaan hate speech lewat cuitan sarkastis. Penetapan status tersangka ini dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara pada 23 November 2017.

Ahmad Dhani dikenai Pasal 45 A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
Hadiri Sidang Perdana, Ahmad Dhani Berkaus #2019GantiPresiden Hadiri Sidang Perdana, Ahmad Dhani Berkaus #2019GantiPresiden Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/16/2018 06:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.