Kisah 20 Tahun Perjuangan Mariah Carey Lawan Bipolar

loading...
Mariah Carey pernah mengidap bipolar
Mariah Carey pernah mengidap bipolar. (Facebook/Mariah Carey)
Beritakepo.com. Seperti artis Indonesia, Marshanda, Maria Carey juga ternyata mengidap gangguan bipolar tipe II. Diva kelas dunia yang kini berusia 48 tahun telah menutupi kondisinya selama dua puluh tahun terakhir.

"Aku tengah berada di kondisi amat baik saat ini, aku sudah merasa nyaman mendiskusikan perjuanganku melawan bipolar disorder tipe II," jelas Mariah pada majalah People, Senin (16/4), seperti dilansir beritakepo.com dari Kapanlagi.com.

Meski sudah terbuka pada publik, dia menyembunyikan kondisi itu pada anak kembarnya.

"Mereka segalanya bagi saya. Mereka tidak akan pernah melihat saya duduk menangis dan menjadi kecelakaan emosional di depan mereka. Itu tidak akan pernah terjadi," ujar ibu dari kembar Monroe dan Maroko ini.

"Aku berharap kita bisa melawan stigma negatif dari masyarakat tentang kondisi bipolar disorder. Perjuangan tanpa disertai dukungan orang sekitar bisa sangat sulit. Aku tak ingin (stigma masyarakat) mendikte atau mengontrolku," terang Maria lebih lanjut.

Mariah Carey memaparkan pada 2001, ia sempat dirawat di RS karena mengalami perubahan kondis fisik dan emosi yang ekstrim. Namun ia tak mau mempercayai dirinya terkena bipolar dan terus melakukan penyangkalan.

loading...

Setelah perjuangan yang cukup panjang akhirnya Mariah Carey siap menghadapi kondisinya dan memilih melakukan perawatan.

"Aku masih bertahan dalam penyangkalanku hingga baru-baru ini, aku sangat takut bila seseorang akan membongkar kondisiku. Hal ini adalah beban berat yang harus kutanggung dan aku tak bisa lagi menyimpannya. Aku mencari perawatan, mengelilingi diriku dengan energi positif dan kembali melakukan hal yang ku suka yaitu menulis lagu serta bermusik," ungkap Mariah Carey.

Dilansir dari National Institutes of Mentah Health USA, bipolar disorder tipe II adalah kondisi kesehatan mental yang sering mengalami perubahan mood extrem dari bahagia ke sedih secara cepat. Berbeda dengan bipolar tipe I, yang membuat penderita mengalami perubahan dalam fase cukup lama, bipolar tipe II membuat perubahan emosi dalam waktu singkat. Namun yang pasti kondisi bipolar pasti membuat gangguan pola tidur, penurunan energi, dan perilaku bagi penderitanya.

Tak hanya Mariah Carey yang akhirnya membuka kondisinya kepada publik. Baru-baru ini terdapat pula selebriti Hollywood yang berbagi kondisi kesehatan mental mereka, termasuk model Chrissy Teigen.
Kisah 20 Tahun Perjuangan Mariah Carey Lawan Bipolar Kisah 20 Tahun Perjuangan Mariah Carey Lawan Bipolar Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/16/2018 10:29:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.